Pijat Bayi Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pijat bayi merupakan salah satu jenis rileksasi yang dilakukan pada bayi. Pijat bayi mungkin dalam istilah kerennya disebut dengan massage bayi atau baby spa. Di kota-kota besar telah banyak yang menawarkan jasa baby spa dan lebih kegiatan ini lebih sering dilakukan oleh orang menengah ke atas.

Padahal pijat bayi memiliki manfaat yang baik bagi bayi. salah satu penelitian menyatakan bahwa pijat bayi dapat membantu menaikan berat badan pada bayi yang mengalami BBLR. Selain itu pijat bayi juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hasil penelitian yang dilakukan pada bayi prematur menyatakan bahwa pijat bayi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dimana sel-sel kekebalan tubuh dengan bertambahnya kemampuan membunuh kuman dan penyakit dibandingkan dengan mereka yang tidak di pijat. Penelitian ini dapat menunjukan bahwa terapi pijat bayi aman dan bisa meningkatkan kesehatan bayi secara keseluruhan.

Akan tetapi para peneliti tidak yakin apakah efek pada sel sistem kekebalan tubuh bayi yang di pijat memiliki pengaruh lebih lanjut pada kesehatan yang lebih baik. Hal ini dikarenakan dalam teori dijelaskan bahwa sel-sel dengan kemampuan membunuh yang lebih meningkat akan lebih mampu mengusir infeksi.

Penelitian lain dilakukan oleh profesor Dr Jocelyn Ang di RS Anak-anak di Michigan, dimana penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi keuntungan kesehatan pada pemijatan bayi. Penelitian ini dilakukan pada bayi sebanyak 120 yang berada di ruang NICU, bayi tersebut dilakukan pemijatan selama 45 menit lima hari dalam seminggu selama sebulan dan kelompok lainnya tidak menerima terapi pijat. Responden yang terpilih yaitu bayi yang dalam kondisi stabil dalam arti tidak memerlukan alat bantu seperti oksigen, NGT dan lain-lain. Pemijatan tersebut dilakukan oleh perawat terlatih dengan memijat pelan-pelan dibagian tangan dan kaki.

Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa bayi yang dilakukan pemijatan mengalami kenaikan berat badan sekitar 1 ons/hari dibandingkan dengan bayi yang tidak di pijat. Menurut Ang menyatakan bahwa terapi pijat yang dilakukan pada bayi dapat mendorong keluarnya hormon-hormon yang berperan sebagai penyerap makanan yang mempengaruhi kenaikan berat badan. Selain itu hasil penelitian ini menjelaskan bahwa bayi yang dilakukan pemijatan memiliki sel pembunuh penyakit yan alami dalam darah mereka lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang tidak dilakukan pemijatan.

Pijat bayi dapat meningkatkan berbagai sistem dan fungsi tubuh karena terapi ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi dengan mengembangkan sistem pernapasan, menstimulasi sistem sirkulasi, dan menyeimbangkan sistem saraf anak. Menurut pemilik Ladies Spa yang bernama Martha Lusia menyatakan bahwa relaksasi membawa dampak terhadap ketegangan jiwa, meningkatkan sistem kekebalan dan fungsi tubuh. Selain berfungsi untuk meningkatkan BB dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pijat bayi memiliki manfaat lain antara lain :

  1. Memperbaiki kualitas tidur bayi menjadi lebih baik.
  2. Bayi tidak rewel.
  3. Meningkatkan saraf motorik bayi. (KMY)

Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here