Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler PMR (Palang Merah Remaja)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Usia anak yang telah memasuki sekolah tentunya akan menemukan atau bahkan mengikuti beberapa ekstrakuriluler yang ada, salah satunya mengikuti ekstrakurikuler PMR. Anak tidak hanya mendapat pelajaran dari teori yang diajarkan di kelas saja, tetapi juga mendapat berbagai pengalaman, maupun manfaat dari mengikuti aktivitas sepulang sekolah ini.

Salah satu ekstrakurikuler yang memberikan manfaat positif untuk diri sendiri serta orang sekitar adalah PMR (Palang Merah Remaja). Melalui kegiatan yang tersedia ini anak tidak hanya fokus terkait kesehatan serta pengobatan saja, tetapi juga melatih emosi anak untuk dapat membantu sesama.

Ekstrakurikuler ini juga cocok bagi anak-anak yang memiliki cita-cita ingin menjadi doker, perawat, bidan atau profesi lain yang berhubungan dengan kesehatan. Ada berbagai ilmu yang dapat dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam jangka panjang. Jadi, apa saja manfaat mengikuti ekstrakurikuler PMR? yuk simak penjelasan berikut:

  1. Meningkatkan sosialisasi terhadap lingkungan sekitar dan sikap percaya diri

Melalui kegiatan positif yang dilakukan anak saat mengikuti ekstrakurikuler PMR akan membantu anak lebih percaya diri dan mudah bergaul dengan lingkungan sekitarnya. Percaya diri menjadi salah satu kunci agar anak dapat mempercayai kemampuannya untuk membantu orang lain. Dengan percaya diri pula anak akan mudah untuk membantu orang lain.

Tidak hanya teori yang diberikan saat mengikuti PMR, Cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari juga diajarkan. Kegiatan yang dilakukan penuh dengan edukasi, permainan dan petualangan yang telah disesuaikan.

  1. Mendapat pelajaran baru

Anak akan mempelajari berbagai hal yang tidak diajarkan di kelasnya. Pembelajaran pada ekstrakurikuler PMR biasanya mencakup pertolongan pertama pada sebuah kecelakaan, merawat teman ketika pingsan, melatih penanganan ketika terjadi cidera seperti patah tulang dan lainnya. Anak juga dapat mengetahui cara evakuasi saat bencana hingga tindakan yang dilakukan pasca terjadinya bencana.

  1. Melatih sikap empati

Dengan peka terhadap lingkungan sekitar akan mebantu melatih rasa empati dalam diri anak. Sikap empati yang tumbuh sejak kecil tentunya akan berdampak positif di masa mendatang. Dengan mengikuti kegiatan PMR anak akan mampu mengasah empati kepada orang lain disekitarnya.

  1. Meningkatkan kepedulian sekitar

Ketika anak memiliki sikap empati serta kepekaan yang baik, tanpa disadari akan membantu mendorong anak untuk peduli terhadap orang lain. Misalnya, ketika salah satu temanya mengalami luka akibat terjatuh, maka anak anda dapat tergerak hatinya untuk menolong dengan segera. Hal ini juga akan menumbuhkan sikap tolong-menolong antar sesama.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here