Ragam Manfaat Kedondong yang Luar Biasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kedondong sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika kita membeli rujak. Sayangnya, banyak yang tak menyadari keistimewaan buah dengan nama lain ambarella ini. Padahal, kedondong bisa dikatakan sebagai salah satu buah “ajaib”. Di dalamnya terdapat senyawa antioksidan dan berbagai nutrisi penting yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Inilah beberapa manfaatnya:

Menangkal radikal bebas

Kedondong memiliki kanduangan vitamin A dan C yang cukup tinggi. Keduanya bertindak sebagai agen antioksidan potensial untuk menangkal efek buruk radikal bebas. Pada gilirannya, hal ini dapat menghindarkan Anda dari penuaan dini, membuat kulit lebih sehat, mempercepat penyembuhan luka, dan bahkan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Rajin mengonsumsi kedondong dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Karena itu, kedondong juga baik dikonsumsi untuk mempercepat pemulihan pasca sakit.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A-nya yang tinggi membuat kedondong juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin ini membantu Anda melihat lebih baik ketika cahaya redup dan menjaga kornea tetap lembab.

Melancarkan pencernaan

Kedondong memiliki kandungan serat makanan yang tinggi. Serat ini membantu membersihkan usus dan mencegah konstipasi sehingga pencernaan menjadi lebih sehat.

Mengatasi anemia

Tak banyak yang tahu kalau kedondong memiliki kandungan zat besi yang baik untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, kedondong juga mengandung vitamin B1 yang berperan dalam produksi sel darah merah dengan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Karena kandungannya tersebut, kedondong dapat menjadi bagian dari diet sehat penderita anemia.

Menjaga kadar kolesterol

Kandungan vitamin C dalam buah kedondong bisa mengubah kolesterol jahat menjadi asam empedu di pankreas. Kolesterol jahat di pankreas ini bisa memicu pembentukan batu empedu dan ini sangat berbahaya karena dapat mengganggu produksi hormon insulin.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Bekerja sama dengan zat besi, kandungan fosfor dalam kedondong juga dapat membantu kesehatan tulang dan gigi. Fosfor berfungsi sebagai pembentuk jaringan tulang dan gigi, sementara zat besi berfungsi sebagai lapisan jaringan tersebut.

Membantu penurunan berat badan

Kedondong memiliki kandungan lemak yang rendah, tapi tinggi serat. Meski rendah kalori, namun kandungan nutrisinya cukup beragam. Karenanya, buah ini dapat menjadi opsi bagi Anda yang tengah menjalankan program penurunan berat badan. Kandungan airnya yang cukup tinggi juga akan memberikan rasa kenyang sehingga mencegah Anda untuk makan berlebihan. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here