Ramuan untuk Mengurangi Nyeri Haid

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap bulan perempuan selalu didatangi tamu spesial yaitu bernama haid. Ketika haid datang ada perubahan kompleks pada tubuh seseorang, sayangnya bagi sebagian perempuan merupakan pengalaman tak menyenangkan. Bagi mereka proses perubahan haid menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan.

Bahkan menimbulkan rasa nyeri. Salah satu solusi mengatasi rasa nyeri haid dapat diatasi dengan mengonsumsi berbagai tanaman herbal. Dalam budaya masyarakat Indonesia, tanaman herbal tersebut diracik menjadi berbagai jamu. Ada beberapa tanaman herbal yang mampu untuk mengurangi rasa nyeri yaitu :

  1. Jahe

Salah satu cara untuk meringankan nyeri haid adalah minum segelas air jahe hangat. Jahe memiliki nutrisi dan vitamin yang dipercaya bisa meredakan nyeri haid dengan baik, melancarkan sistem pencernaan, dan juga membuat perut terasa lebih hangat. Secara umum, nyeri haid ini disebabkan oleh adanya kontraksi di dinding rahim. Pada sebagian wanita, kontraksi ini tak begitu terasa.

Namun, tak sedikit wanita yang merasa sangat kesakitan dengan kontraksi tersebut. Minum segelas air jahe bisa jadi salah satu cara alami meringankan nyeri haid. Cara membuat air jahe ini pun sangat mudah. Bahan-bahan yang perlu kita pakai yaitu: 1 rimpang jahe, cuci bersih lalu parut, 2 gelas air dan cara membuatnya mudah sekali yaitu masukkan parutan jahe ke dalam air, kemudian rebus hingga mendidih sempurna, saring airnya, tunggu sampai hangat baru minum perlahan. Kalau kamu nggak suka dengan rasa tawar, bisa tambahkan sedikit madu atau air perasan jeruk lemon di dalam air jahe. Minum air jahe ditambah dengan madu juga bisa membuat tubuhmu terasa lebih bugar.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman herbal dan kunyit juga bisa sebagai obat mujarab untuk nyeri haid. Tanaman ini mengandung zat curcuminoid yang mengandung vitamin B1 yang lengkap, dan berfungsi untuk mendukung pembentukan sel darah merah. Itulah yang menyebabkannya sangat manjur mengganti kekurangan darah yang dialami perempuan saat haid.

  1. Daun tapak liman

Daun tapak liman merupakan tanaman liar dan mudah didapatkan. Daun tapak liman selain bisa mengurangi nyeri, tanaman ini juga digunakan di berbagai tempat sebagai obat tradisional untuk mengatasi rematik, demam, dan batu ginjal.

  1. Asam jawa

Tanaman asam jawa ini dapat menghilangkan rasa mual. Selain itu, kandungan asam amino dan flavonoid di dalamnya berfungsi sebagai pereda nyeri.

  1. Daun jambu biji

Daun jambu biji sering dipakai sebagai ramuan anti diare dan untuk mempercepat penyembuhan luka, serta pereda nyeri. Sangat manjur untuk mengurangi rasa nyeri perut ketika haid.

  1. Vitex

Dunia pengobatan tradisional China mengenalnya dengan nama Man Jing Zi. Tanaman ini bekerja dengan cara mendorong kelenjar pituaitari, sehingga meningkatkan produksi hormon progesteron. Cara ini menjadikan vitex sebagai penyeimbang hormon yang tepat digunakan saat haid.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here