Remaja Masa yang Rentan Alami Sakit Punggung dan Leher

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pernahkah anda mengalami sakit atau nyeri punggung? Dari hasil penelitian, 60-80 persen seseorang pasti pernah mengalami nyeri pungung dalam hidupnya dan 75 persen diantaranya akan mencari pertolongan medis serta 25 persen sisanya perlu dirawat inap untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut.

Bedasarkan hasil survei penelitian dari BCA, sekitar 45 persen dari usia remaja dengan rentan usia 16-24 tahun menderita sakit punggung dan leher dibandingkan dengan 28 persen yang berusia 18-24 tahun. Hal ini berdasarkan dari 60 persen orang menghabiskan waktu dengan posisi duduk selama bekerja dan berdiri yang terlalu lama. Pada umumnya, nyeri punggung merupakan nyeri yang ada di bagian lumbar, lumbosacral dan didaerah leher. Nyeri ini sangat beragam ketajaman dan intensitasnya.

Menurut George Institute For Global Health dari Universitas Sydney Australia, penyebab nyeri salah satunya adalah seketika yang disebabkan oleh terjepitnya saraf tulang belakang dan ada juga dari spinal stenosis yaitu ruang terbuka di tulang belakang yang menyempit sehingga menyebabkan tekanan pada saraf tulang belakang.

Nyeri punggung ini biasanya diartikan sebagai rasa sakit, tegangan atau rasa kaku di bagian punggung. Dampak yang lebih buruk dari nyeri punggung ini biasanya karena diperburuk dengan postur tubuh yang tidak sesuai pada saat duduk atau berdiri terlalu lama, cara menunduk yang salah atau mengangkat barang yang terlalu berat.

Walaupun nyeri punggung sering dikaitkan dengan nyeri leher, namun nyeri ini sedikit berbeda. Nyeri leher biasanya dikenal sebagai nyeri servikal, nyeri tengkuk atau cervical syndrome. Tiap tahunnya remaja dan dewasa mengalami nyeri leher. Pada 16,6 persen populasi dewasa tiap tahunnya mengeluh rasa tidak enak di leher dan 0,6 persen berlanjut menjadi nyeri leher yang berat.

Nyeri leher biasanya diawali dengan sakit dan kaku dibagian leher, nyeri otot-otot leher, sakit kepala dan migraine atau sakit kepala sebelah. Nyeri leher cenderung merasa seperti terbakar dan nyeri ini bisa menjalar ke bahu, lengan dan tangan dengan keluhan seperti ditusuk jarum.

Rentannya nyeri punggung dan nyeri leher yang dialami remaja membuat masalah ini menjadi masalah yang cukup serius. Sehingga disarankan untuk remaja jika sering mengalami nyeri punggung dan leher serta sudah dilakukan pencegahan awal dengan cara mengurangi rasa nyeri tetapi tidak teratasi sebaiknya perlu dikonsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan solusi dan penanganan yang tepat. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here