Teh Hitam Dapat Mengatasi Bau Kaki

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mengonsumsi teh merupakan aktivitas yang sudah tidak asing lagi bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Minuman yang biasa dinikmati pada pagi atau sore hari ini, rupanya juga mempunyai beragam jenis. Salah satunya adalah teh hitam, yang memiliki khasiat untuk mengatasi bau pada kaki.

Apa bedanya teh hitam dengan teh hijau?

Teh hitam merupakan turunan dari jenis camellia sinensis. Teh hitam memiliki perbedaan dengan teh hijau, terkait cara menghasilkannya. Bila teh hijau mengharuskan daun untuk dikeringkan dan menjalani proses kukus setelah dipetik, sedangkan teh hitam daun akan dibiarkan hingga menjadi cokelat melalui proses oksidasi hingga menghadirkan warna yang khas.

Teh hitam mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, karena memiliki kandungan polifenol sebagai antioksidan yang mampu mengatasi sel tubuh dari kerusakan. Selain polifenol dalam teh hitam, kandungan katekin (catechin) juga bisa membantu dalam pencegahan kanker.

Teh hitam dapat mengatasi bau kaki

Tidak dipungkiri jika masalah bau pada kaki dapat menghinggapi semua orang. Saat udara panas, kaki yang terbungkus sepatu bisa menghadirkan bakteri kotor. Hal itulah yang akhirnya mengakibatkan kaki menjadi bau, akibat hilangnya kelembapan.

Aktivitas yang menuntut seseorang menggunakan sepatu setiap hari, membuat perawatan kaki harus dimaksimalkan. Salah satu caranya adalah dengan merendam kaki menggunakan teh hitam. Daun teh hitam yang kaya antioksidan dapat membantu mengatasi munculnya bau pada kaki.

Lantas bagaimana caranya? Langkah pertama adalah siapkan teh hitam pada air hangat secukupnya. Kemudian rendam kaki dalam racikan teh hitam tersebut. Selain antioksidan yang terkandung di dalamnya, zat tannic acid yang terdapat pada teh hitam juga ampuh dalam mengatasi masalah bau pada kaki.

Teh hitam dapat melembabkan kulit

Seseorang yang mempunyai kulit kering, maka cobalah dengan meyemprot wajah menggunakan teh hitam. Teh hitam juga dipercaya untuk mengatasi kulit kering dengan memberikan kelembapan. Cara ini akan sangat baik, jika menggunakan teh hitam dalam keadaan yang dingin.

Teh hitam dapat mengurangi bengkak di area sekitar mata

Jika di sekitar area mata terasa agak bengkak atau mempunyai lingkaran hitam, maka cobalah mengatasinya dengan teh hitam. Caranya cukup letakkan kantong teh hitam yang telah didinginkan pada area mata yang bengkak. Kafein yang terdapat di dalam teh dapat mengecilkan pembuluh darah, sekaligus mengatasi bengkak. Selain itu perlahan-lahan juga bisa menghilangkan lingkaran hitam di mata.

Teh hitam dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau

Bagi yang punya keluhan rambut rontok atau kusam, maka cobalah dengan keramas menggunakan teh hitam. Pasalnya teh hitam dipercaya dapat mengurangi rontok, sekaligus merangsang pertumbuhan rambut secara maksimal.

Teh hitam dapat mengatasi iritasi kulit setelah bercukur

Setelah selesai bercukur kumis atau jenggot, terkadang kulit akan mengalami iritasi. Untuk mengatasi hal itu bisa dengan meletakkan kantung teh hitam dingin pada daerah yang iritasi tersebut. (AP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here