Tips Cepat Hamil Setelah Menikah

SehatFresh.com – Setelah menikah, sebagian besar pasangan ingin segera dikaruniai keturunan. Hadirnya buah hati tentu saja akan menambah kebahagiaan dan juga keharmonisan dalam hubungan pernikahan. Untuk dapat hamil, prosesnya terkadang tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun Anda sudah merasa sering berhubungan intim dengan pasangan, hal tersebut tidak menjamin Anda bisa berhasil hamil.

Jika Anda mengalami masalah ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk cepat hamil, yaitu :

  1. Kontrol masa subur
    Mengetahui masa subur sangat penting sebagai acuan untuk cepat hamil. 14 hari setelah wanita mengalami menstruasi merupakan masa subur sehingga merupakan saat yang tepat untuk berhubungan intim. Dengan begitu, kemungkinan untuk terjadi pembuahan lebih mungkin terjadi. Sangat penting juga untuk memeriksa kesehatan reproduksi Anda dan pasangan. Belakangan ini, sangat banyak penyakit yang berkaitan dengan kandungan yang dapat menghambat kehamilan.
  2. Atur intensitas bercinta
    Untuk menjaga kualitas sperma yang masuk ke rahim, Anda dianjurkan rutin bercinta setiap dua hari sekali selama satu minggu sebelum masa ovulasi dan seminggu setelahnya. Berhubungan intim setiap hari atau bahkan beberapa kali dalam sehari dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma dikarenakan tubuh tidak sempat melakukan regenerasi sperma. Sebaliknya, jika terlalu jarang bercinta (lebih dari dua hari), sperma akan mengalami perubahan bentuk dan pergerakannya cenderung melambat sehingga kemungkinan besar tidak bisa membuahi sel telur. Selain itu, dianjurkan juga untuk para wanita untuk berbaring setelah berhubungan seks agar memungkinkan sperma tinggal lebih lama di vagina.
  3. Terapkan pola hidup sehat
    Pola hidup sehat sangat disarankan bagi pasangan yang baru menikah dan ingin segera mendapatkan keturunan. Masing-masing pasangan harus menjauhi kebiasaan merokok dan minum akohol serta konsumsi kafein berlebih karena bisa memengaruhi kondisi kesehatan reproduksi. Diet yang seimbang untuk menjaga berat badan ideal juga penting mengingat kelebihan berat badan bisa mengurangi peluang untuk berhasil hamil. Olahraga rutin juga penting dilakukan untuk menjaga stamina tubuh yang diperlukan saat berhubungan intim.
  4. Hindari stres
    Ketika tak kunjung hamil, Anda mungkin merasa cemas atau gelisah. Hal tersebut sebenarnya normal, namun jangan sampai stres. Ketika stres, bagian otak yang mengatur hormon kesuburan, tidak akan berfungsi dengan baik. Hal ini bisa mengakibatkan penundaan masa ovulasi atau bahkan tidak terjadi ovulasi sama sekali. Maka dari itu, Anda perlu menerapkan manajemen stres yang baik saat Anda berfokus pada rencana kehamilan. Meksi belum hamil juga, nikmati saja prosesnya tanpa perlu dibebani rasa gelisah berlebihan.

Sumber gambar : kuherbal.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY