Tips Memilih Alat Cukur Rambut Bagi Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seorang pria akan terlihat tampan ketika ia mampu merawat tubuhnya. Bukan saja penampilannya yang perlu diperhatikan tetapi perawatan pada wajah pria juga perlu anda lakukan salah satunya yaitu perawatan kumis dan jenggot yang ada di wajah. Dalam perawatan kumis dan jenggot tentunya menggunakan alat pencukur rambut, nah apa anda tahu cara untuk memilih alat cukur yang konvensional. Semakin berkembangnya zaman alat cukur rambut mempunyai berbagai variasi akan tetapi manakah yang terbaik?

Sebelum tahun 1970 alat cukur yang digunakan hanyalah satu model saja yaitu dengan satu mata pisau dengan pegangan yang tipis dan kecil. Dengan seiringnya waktu berjalan alat cukur ini berkembang dengan berbagai macam merek dan model dengan mata pisau yang lebih banyak. Kepala alat cukur yang berporos mata pisau sekali pakai sampai terobosan teknologi alat cukur rambut yang mempu bergetar dengan built-in shaving cream lubricating strips dan trimmer yang dapat dilipat. Mencukur kumis dan jenggot adalah salah satu perawatan wajah bagi pria agar bersih dan terawat. Beda karakter beda pula alat cukur yang dipilih.

Memilih alat cukur rambut bagi pria sebenarnya memang masalah selera saja dan kebutuhannya masing-masing. Berikut yaitu cara untuk memilih cukur rambut bagi pria seperti :

  1. Safety razor

Safety razor ini adalah alat cukur yang konvensional dengan tipe alat cukur yang bisa dibilang jadul. Bantuknya simpel dengan tempat silet dan mempunyai pegangan yang kecil. Anda hanya tingga membeli isi ulang silet saja dan alat cukur ini siap untuk digunakan lagi. Menurut ahli cukur kumis jenggot dengan silet bisa dipakai sampai lima kali cukur rambut kumis maupun jenggot. Setelah itu biasanya silet juga akan berubah menjadi tumpul dan kurang tajam. Alat cukur safety razor juga diakui sebagai alat cukur yang mambuat hasil cukur selembut pantat bayi. Dermatologis menambahkan bahwa mencukur menggunakan alat cukur bermata pisau satu juga tidak akan memmudahkan kulit teriritasi di bandingkan dengan alat cukur yang bermata pisau ganda atau lebih, dan selain itu harga alat cukurnya juga sangat terjangkau. Tetapi anda perlu memperhatikan keamanannya dengan berhati-hati menggunkan alat cukur ini.

  1. Cartridge razor

Alat cukur yang ke dua ini paling banyak dipakai dan mudah anda temui di mana saja. Alat ini baiasanya bergagang plastik atau karet dengan kepala alat cukur yang bisa diganti jika sudah merasa tumpul. Dan beberapa merk biasanya menjual alat cukur berserta beberapa buah kepala alat cukur tersebut untuk dapat diganti. Alat cukur rambut ini juga paling sedikit mempunyai dua mata pisau dan paling banyak terdapat enam buah mata pisau. Alat cukur ini tidak dapat mencukur kumis dan jenggot secara klimis namun beberapa pengguna alat cukur model ini dengan lube strips mengatakan bahwa mereka dapat mencukur dengan lebih dekat dengan kulit atau sering disebut close shaving. Alat cukur dengan bermata pisai banyak rentan terhadap iritasi kulit.

  1. Disposable razor

Alat cukur selanjutnya bentuknya mirip dengan cartridge razor, tetapi hanya saja alat cukur ini langsung dibuang jika sudah digunakan. Dari segi biaya yang dikeluarkan alat cukur rambut ini paling membuat kantong boros. Kualitasnya yang disposable razor ini juga tergantung dari harganya, semakin harga murah hasilnya tidak akan semulus yang mahal, malah kadang juga hanya menimbulkan iritasi yang cukup parah bagi penggunanya. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here