Mengenal Kista Bartholin : Benjolan pada Bibir Vagina

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah yang di maksud dengan kista bartholin? Nah biasanya yang rentan terkena kista bartholin yaitu seorang wanita di masa usia subur atau menjelang menopaus. Kista bartholin yaitu suatu benjolan yang abnormal pada salah satu atau kedua sisi dinding jalan lahir pada area Miss V yang diakibatkan terbentuknya kista pada kelenjar bartholin. Kelenjar bartholin ini struktur yang normal yang terletak pada setiap sisi dinding vagina yang memiliki fungsi mensekresikan suatu cairan untuk membantu melumas.

Kista bartholin ini terbentuk ketika terjadinya penyumbatan pada saluran kelenjar bartholin. Umumnya kista bisa ini berukuran kecil dan tidak menimbulkan rasa sakit namun bisa juga terjadi sebaliknya. Kista batholin ini dapat berbentuk apa bila saluran keluar dari kelenjar bartholin menjadi tersumbat, akibatnya cairan yang dihasilkan akan tertimbun di dalam kelenjar sehingga akan membentuk rongga berisi cairan (kista) dengan demikian kelenjar akan membesar, meskipun jarang sekali menimlbulkan rasa sakit. Dan apa bila kondisi ini dapat bersamaan dengan masukannya bakteri didalam kista tersebut maka terjadinya cairan akan berubah menjadi nanah yang dan menimbulkan peradangan dan tentunya akan menimbulkan rasa sakit dan tubuh andamerasa demam. Kondisi ini bisa kita sebut sebagai abses bartholin.

Baik kista ataupun abses bartholin memang sering sekali dirasakan oleh kaum wanita dan pengobatan kista bartholin tergantung pada ukurannya kista tersebut, apakah kista menimbulkan rasa sakit ataukah tidak. Dan apakah kista terinfeksi atau tidak. Terkadang perawatan sederhana di rumah juga sudah dapat meringankan kista bertholin tersebut bila belum ada infeksi. Namun ditemukan dalam beberapa kasus diperlukan pernyataan dan pengeluaran nanah (drainase) dengan cara kecil. Jika infeksi terjadi, maka diperlukan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab kista bartholin.

Tanda dan gejala kista bartholin

Jika anda memiliki kista bartholin yang berukuran kecil dan tidak terinfeksi maka kondisi ini tidak akan menimbulkan gejala apapun sehingga anda tidak akan menyadarinya namun apa bila kista ini justru tumbuh besar mungkin saja anda akan merasakannya adanya suatu benjolan pada bagian area kewanitaan anda meskipun kista biasanya tidak menimbulkan rasa sakit namun bisa saja menimbulkan ketidaknyamanan pada anda saat anda sedang melakukan aktivitas.

Kista bartholin ini bisa terinfeksi dalam beberapa hari saja, jika memang kista ini menjadi infeksi ditandai tanda seperti :

  1. Adanya benjolan yang menyakitkan pada lubang didekat miss V
  2. Anda akan merasakan rasa neyri dan tidaknyaman ketika melakukan aktuvitas duduk atau pun berjalan
  3. Anda juga akan merasakan neyri saat berhubungan seks
  4. Anda akan merasakan tubuh anda panas atau suhu tubuh anda akan meningkat, itu pertanda adanya infeksi dalam tubuh anda

Meskipun bisa terjadi pada kedua sisi bagian vagina anda, akan tetapi abses atau kista bartholin ini biasanya terjadi hanya pada salah satu sisi lubang Miss V saja. Semoga informasi ini bermanfaat untuk seorang wanita yang perlu benar-benar menjaga area kewanitaannya dengan baik. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here