Tips Mengalihkan Gangguan Mental Self Harm

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Self harm adalah suatu gangguan mental dimana seseorang yang mengalaminya akan berusaha dan menginginkan untuk melukai dirinya sendiri. Tindakan ini berbeda dengan percobaan bunuh diri, meskipun tindakan bunuh diri bersifat melukai diri sendiri.

Saat seseorang mengalami tekanan atau permasalahan dan dirinya tidak mampu mengatasi dan mengontorl dengan baik maka penderita self harm akan membuat goresan luka dibagian tubuh tertentu, contohnya pergelangan tangan. Pelaku self harm akan menutupi bekas luka yang dibuat agar orang lain tidak mengetahui perbuatan dan permasalahan yang sedang dialaminya.

Hal ini tentu akan membawakan dampak yang cukup besar bagi penderita self harm sehingga perlu diatasi. Berikut ini beberapa cara mengalihkan diri dari keinganan untuk melukai diri sendiri, antara lain :

  1. Menenangkan fikiran

saat dilanda suatu permasalahan maka anda harus bisa menenangkan fikiran anda dengan cara berfikir poitif, melihat suatu hal yang lucu dan membuat anda bahagia. Hal ini penting untuk dilakukan demi menghindari keinginan untuk melakukan self harm.

  1. Perlakukan diri dengan baik

Perlu anda ingat bahwa tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan. Jika anda melakukan sebuah kesalahan tidak ada salahnya jika anda menjadikan kesalahan tersebut sebagai suatu pembelajaran hidup untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu anda dapat memperlakukan diri anda dengan baik.

  1. Meningkatkan kesadaran diri

Saat ujian datang dan anda berkeinginan untuk melukai diri sendiri maka anda harus meningkatkan kesadaran diri dengan cara mengembalikan fokus dan kesadaran anda pada hal-hal yang terjadi saat ini dan berusaha mengubur kesalahan anda dengan semangat juang yang baru.

  1. Berani jujur dengan perasaanmu

Untuk menghindari diri dari keinginan melakukan self harm maka anda harus berani jujur dengan perasaan yang anda rasakan melalui ekspresi kekecewaan anda. contohnya menggambar di selembar kertas, berteriak, dan lain-lain.

  1. Menceritakan masalahmu

Jangan sungkan untuk menceritakan permasalahan anda kepada orang yang telah anda percayai agar beban yang anda rasakan berkurang.

  1. Jauhkan anda dari benda yang bisa melukai

Untuk bisa mengalihkan keinginan self harm maka anda bisa menyingkirkan benda-benda yang bisa melukai anda.

  1. Olahraga

Olahraga adalah aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kesehatan dan mencegah beberapa resiko penyakit. Selain itu olahraga adalah aktivitas fisik yang terbukti dapat mengatasi mood seseorang menjadi lebih baik. Selain itu olahraga dapat melancarkan peredaran darah dan aliran oksigen ke seluruh tubuh sehingga fikiran anda bisa menjadi lebih tenang dan rileks.

  1. Menangis

Menangis adalah salah satu cara untuk mengalihkan anda dari keinginan melukai diri. Selain itu saat anda merasa tertekan menangis dapat membuat anda lebih tenang dan lega atas sakit hati yang anda rasakan. Hal ini dapat dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh unversity of South Florida tahun 2008 menyatakan bahwa menangis dapat bekerja dengan baik untuk menenangkan diri dan meningkatkan suasana hati.

  1. Tersenyum. (KMY)

Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here