Kebiasaan yang Berisiko Terjadinya Hipertensi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi terjadinya peningkatan tekanan darah >140/90 mmHg. Kondisi ini tentu dapat menyebabkan komplikasi yang cukup serius sehingga perlu anda atasi.

Hipertensi suatu penyakit yang menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Hasil data Riskesdas 2013 menyatakan bahwa kasus terjadinya hipertensi di Indonesia mencapai 25,8%. Selain itu, ukuran tekanan darah terbagi menjadi dua yaitu tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik.

Tekanan darah sistolik merupakan angka yang menunjukan tekanan darah arteri saat otot jantung berkontraksi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan tekanan darah diastolik merupakan angka tekanan darah arteri pada saat jantung berhenti diantara detak jantungnya. Penyebab terbesar terjadinya kasus hipertensi yaitu gaya hidup yang tidak sehat, seperti :

  • Konsumsi garam berlebihan

Garam salah satu bumbu yang dibutuhkan tubuh karena memiliki kandungan iodium untuk mencegah penyakit gondok. Akan tetapi apabila anda mengkonsumsi makanan yang mengandung garam secara berlebihan dapat memicu terjadinya penyakit hipertensi.

Hal ini dikarenakan garam dapat meningkatkan kandungan natrium dalam darah. Bagi anda yang menyukai makanan asin dan gurih agar terhindar dari penyakit hipertensi maka anda dapat menetralkan natrium dengan cara mengkonsumsi air putih yang banyak.

  • Stres

Pada saat anda mengalami rasa cemas dan stres maka tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon adrenalin dan hormon kortisol. Hal ini tentu akan mempengaruhi tekanan darah dalam tubuh. Kondisi stres jika tidak diatasi dengan benar maka dapat beresiko terjadinya hipertensi.

  • Merokok

Zat adiktif di dalam rokok memiliki efek buruk bagi kesehatan. Salah satu organ tubuh yang dirusak oleh rokok yaitu jantung. Sehingga kebiasaan merokok dapat meningkatkan terjadinya gangguan kardiovaskular seperti hipertensi, serangan jantung hingga stroke.

  • Alkohol

Jka anda memiliki kebiasaan minum-minuman beralkohol maka anda akan beresiko mengalami penyakit hipertensi. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol dalam waktu jangka panjang dapat memicu terjadinya penyakit hipertensi. Hal ini dikarenakan alkohol dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah yang lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada organ ginjal, jantung dan organ vital lainnya.

  • Minum kopi

Kopi memiliki kandungan kafein yang tentu dapat meningkatkan energi dan bagi sebagian orang kopi dijadikan sebagai alternatif untuk mengurangi rasa ngantuk. Akan tetapi apabila anda mengkonsumsi kopi secara berlebihan tentu kandungan kafein didalamnya dapat membuat jantung berdebar lebih kencang, gugup, pusing, insomnia dan produksi keringat yang berlebihan. Selain itu penelitian lain juga menyatakan bahwa mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah secara signifikan.

  • Efek obat tertentu

Hipertensi dapat disebabkan pula dari efek samping penggunaan obat-obatan antiinflamasi non streroid atau NSAID. Saat anda merasakan sakit dan langsung mengkonsumsi obat-obatan NSAID maka tidak heran jika anda akan mengalami peningkatan tekanan darah. Contoh obat-obatan tersebut yaitu ibuprofen, naproxen dan lain-lain. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here