Tips Menghilangkan Bau Tanah Pada Ikan Lele

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ikan lele merupakan ikan air tawar yang juga menjadi sumber protein hewani bagi manusia. Asupan protein sangat diperlukan seseorang, khususnya yang dalam masa pertumbuhan. Hanya saja menyajikan ikan lele untuk dikonsumsi, terkadang menemui kendala. Salah satunya adalah bau tanah yang melekat pada ikan lele, sulit untuk dihilangkan.

Ikan lele memiliki kandungan mineral, omega 3, asam lemak sehat, zat besi, vitamin B12, hingga niacin. Dengan kandungan gizi yang dimiliki, ikan lele menjadi favorit masyarakat untuk dikonsumsi. Masyarakat umumnya sangat suka mengolah lele dengan cara di goreng, kemudian dimakan dengan nasi hangat dan lalapan.

Namun salah satu kendala yang dialami ketika memasak ikan lele yakni bau tanah yang masih melekat. Ikan lele memang memiliki kecenderungan bau tanah, akibat habitatnya di air tawar. Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatasi bau tanah dalam mengolah ikan lele.

  1. Seseorang sebelum memasak ikan lele, alangkah baiknya untuk membeli yang masih hidup. Kemudian biarkan hidup di air, kurang lebih dalam beberapa jam agar bau lumpur berkurang.
  2. Ikan lele dibersihkan dengan optimal. Hilangkan isi dalam ikan lele, selanjutnya bersihkan perut sebelum dibumbui. Jerohan ikan lele kemungkinan besar yang menjadi penyebab bau tanah muncul.
  3. Ikan lele disayat dari bagian belakang kepala hingga belakang ekor, dengan mengikuti garis tulang. Menyayat tak cuma menghilangkan bau tanah, tapi juga membantu agar bumbu dapat meresap.
  4. Ikan lele dicuci bersih menggunakan air yang mengalir. Bisa juga dengan memasukkan ikan lele ke dalam mangkuk, selanjutnya tuang 1 cangkir cuka. Diamkan sekitar 15 hingga 30 menit, kemudian cuci bersih. Langkah ini untuk mengatasi bakteri dan bau tanah yang mungkin saja muncul.
  5. Ikan lele jika belum mau dimasak, maka lumuri dengan garam sampai pada bagian perut. Kemudian simpan di dalam lemari es hingga tiba waktunya untuk menggoreng ikan lele tersebut.
  6. Jika ikan lele akan segera dikonsumsi setelah langkah nomor 4 di atas, maka rendamlah dengan bumbu dapur. Bumbu itu terdiri dari jahe, kencur, kunyit, hingga serai. Rendamlah ikan lele kurang lebih 30 menit sebelum digoreng, agar bau tanah hilang.
  7. Untuk mendapatkan bau yang lebih sedap, boleh juga diberikan perasan jeruk nipis pada ikan lele sebelum digoreng. Perasan jeruk nipis bisa bercampur dengan bumbu dapur, sehingga juga memberikan rasa yang nikmat.
  8. Celupkan ikan pada minyak mendidih saat digoreng. Minyak yang mendidik juga terbukti ampuh untuk menghilangkan bau tanah.
  9. Hidangkan ikan lele dengan sambal. Rasa sambal yang pedas akan memberikan sensasi kenikmatan tersendiri, sehingga orang yang mengkonsumsi akan melupakan bau tanah yang sempat muncul.

Demikian beberapa langkah yang bisa dilakukan seseorang untuk menghilangkan bau tanah saat memasak ikan lele. Perlu diperhatikan juga jangan menggoreng ikan lele menggunakan minyak bekas, karena bisa menimbulkan penyakit dan menghadirkan masakan yang tidak sedap. (APY).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here