Manfaat Penggunaan Kacamata Hitam Ketika Bepergian di Siang Hari

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Global warming suatu kondisi dimana terjadi peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi. Teriknya sinar matahari di siang hari memiliki dampak buruk bagi kesehatan mata. Hal ini dapat dicegah dengan penggunaan kacmata.

Setiap orang menyukai kacamata untuk menyempurnakan penampilannya. Kacamata selain digunakan untuk fasion banyak kegunaan kacamata diantaranya untuk orang yang memiliki mata minus, plus, dan silinder. Beragam jenis kacamata, salah satunya kacamata hitam yang  bermanfaat apabila di gunakan pada siang hari.

Kacamata hitam disebut dengan sunglasses. Fungsi dari sunglasses ini melindungi mata dari sinar ultraviolet. Gelombang ultraviolet yang berasal dari matahari energinya sangat tinggi, sehingga mengakibatkan kerusakan pada retina dan kornea mata akibat sensitif. Lapisan tipis pada bagian mata yang befungsi sebagai menangkap cahaya. Titik pusat retina atau yang disebut makula mengalami kerusakan akibat sinar ultraviolet matahari. Selain mengalami gangguan penglihatan hal ini beresiko terkena kanker melanoma atau bahkan karsinoma sel basal pada kelopak mata.

Manfaat penggunaan kacamata di siang hari diantaranya sebagai berikut :

  • Melindungi dari sinar ultraviolet. Radiasi sinar ultraviolet mengakibatkan tumbuhnya jaringan lunak pada pada permukaan mata dan photokeratitis. Photokeratitis merupakann kondisi mata terbakar akibat paparan sinar matahari. Hal tersebut sebab terjadinya katarak dan mata terasa sakit.
  • Melindungi dari cahaya sinar biru. Sinar biru merupakan bagian dari spektrum matahari yang berakibat terjadinya macular degeneration. Hal ini terjadi pada orang yang sensitif dengan sinar matahari.
  • Mata terasa lebih nyaman. Paparan sinar matahari yang menyilaukan membuat anda merasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas diluar rumah terutama di diang hari. Penggunaan kacamata disiang hari membuat anda terasa lebih nyaman.
  • Adaptasi dari gelap. Berkendara di malam hari lebih berbahaya jika pada siang hari banyak menghabiskan waktu lebih lama. Sinar mata hari yang terang apabila anda terkena paparan selama 2 atau 3 jam mengakibatkan terlambatnya kemampuan mata untuk beradaptasi dengan malam hari atau cahaya di dalam ruangan.
  • Melindungi dari kanker. Paparan sinar matahari yang menyilaukan disiang hari beresiko besar terjadinya kanker pada area kelopak mata dan kulit disekitar mata.

Beberapa jenis penyakit atau gangguan mata antara lain :

  1. Pinguekula. Penyakit ini merupakan benjolan kuning di bagian konjungtiva dekat kornea. Benjolan ini berupa selaput bening dan tipis yang melapisi permukaan putih bola mata.
  1. Fotokeratitis dan fotokonjungtivitis. Kornea mengalami kerusakan dan inflamasi mata akan terasa perih. Gejalanya mata berair, pusing, mata merah, perih, dan mata menjadi bengkak.
  1. Katarak. Gangguan mata yang mengakibatkan penderita tidak bisa melihat dengan jelas karena lensa mata menjadi keruh
  1. Pterigium. Jaringan berwarna putih yang tumbuh pada bagian putih mata yang bisa tumbuh sampai kornea. Gejalanya mata merah, iritasi, pandangan kabur dan mata terasa perih.

Mata merupakan organ yang sangat penting dalam melakukan  aktivitas sehari-hari. Dengan menggunakan kacamata hitam di siang hari anda telah berupaya mencegah terjadinya kerusakan atau masalah yang terajadi pada mata anda. Karena paparan sinar matahari disiang hari banyak memiliki dampak buruk bagi kesehatan mata terutama apabila anda melakukan aktiitas di luar ruangan dalam waktu yang lama. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here