Tips Menolak Ajakan Negatif dari Teman

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hampir setiap orang pernah mengalami kondisi dimana beberapa teman justru mengajak untuk melakukan tindakan negatif, seperti merokok, membolos sekolah dan hal-hal negatif yang lain. Ketika mendapatkan ajakan negatif dari teman atau sahabat pasti sering kebingungan untuk menolak ajakan tersebut.

Nah, agar terhindar dari ajakan negatif dari teman atau sahabat tapi tetap tidak menyinggung perasaannya, ada baiknya mencoba cara-cara berikut, seperti yang dikutip dari wikihow.com.

  1. Menolak dengan halus dan jelaskan alasannya

Cobalah untuk menolak ajakan negatif dari teman dengan cara yang halus. Menolak ajakan negatif secara frontal bisa saja menyinggung perasaannya yang justru bisa berakibat renggangnya hubungan pertemanan. Tolak ajakan dengan cara yang halus berikan alasan-alasan seperti masih mempunyai agenda penting lain untuk dikerjakan, misalnya tugas sekolah atau kuliah, tugas dari orang tua, atau hal-hal lain yang sekiranya bisa dijadikan alasan untuk menghindar ajakan tersebut.

  1. Ajak mereka untuk melakukan hal lain yang positif

Apabila memungkinkan, ajak teman anda untuk melakukan hal-hal menyenangkan lain yang positif, seperti pergi nonton film atau olahraga. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa terhindar dari ajakan negatif teman, namun juga menghindarkan teman dari tindakan-tindakan yang semestinya tidak dilakukan.

  1. Kuatkan hati ketika diejek

Bukan tidak mungkin ketika seseorang menolak ajakan negatif dari teman-temannya justru mendapatkan perlakuan tidak baik, seperti di bully atau di ejek. Hal tersebut wajar, Anda tidak perlu merasa tersinggung atau sakit hati. Cobalah balas ejekan tersebut dengan memberikan lelucon ringan agar suasana tidak semakin panas.

  1. Tegaskan bahwa anda benar-benar tidak ingin melakukannya

Jika teman anda terus memaksa, tegaskan padanya kalau anda sungguh-sungguh tidak tertarik untuk hal tersebut. Berikan penjelasan bahwa teman yang baik tidak akan memaksakan kehendak dirinya kepada temannya sendiri, terlebih jika sudah menolak dengan tegas.

  1. White Lies

Sekali-kali cobalah berbohong untuk memilih yang terbaik. Cara ini bisa digunakan untuk menolak ajakan teman yang menjerumuskan ke hal-hal negatif. Anda bisa memberi sedikit white lies seperti “Aku tadi sudah minum (alkohol),” atau “Sorry, aku nanti dijemput mamaku jadi tidak bisa merokok.” Agar anda dapat menghindari ajakan negatif dari teman atau sahabat anda.

  1. Ganti Suasana Positif

Supaya bisa mengajak teman atau sahabat keluar dari lingkaran yang tidak baik, anda bisa menolak ajakan sambil mencari kegiatan yang lebih positif untuk sahabat anda. Misalnya daripada bolos sekolah atau kuliah, anda bisa mengajak sahabat untuk ikut eskul atau belajar di perpus pas jam pelajaran kosong. Suasana positif tidak hanya membuat lingkaran persahabatan, kita tetap sehat.

Nah, tidak sulit bukan? Dengan begitu, Anda pun bisa menempatkan diri di kalangan teman-teman atau sahabat tanpa membuat teman anda membenci atau bahkan mengucilkan diri anda dari kelompoknya. Semoga bermanfaat. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here