Tips Menyesuaikan Diri di Lingkungan Baru Bagi Para Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pembaca remaja tentunya memiliki masalah berkaitan dengan persoalan adaptasi di lingkungan baru ya. Terlebih jika sedang berlangsung tahun ajaran baru untuk naik tingkat level sekolah, misalnya dari SD ke SMP, SMP ke SMA, dan seterusnya. Bahkan bagi para remaja yang mengalami pindahan sekolah di waktu-waktu tertentu. Alhasil perlunya adaptasi lingkungan menjadi suatu yang penting. Sebenarnya bagaimana tips menyesuaikan diri bagi para remaja?

Apa Itu Penyesuaian Diri?

Penyesuaian diri terhadap lingkungan merupakan suatu masa khusus yang dialami seseorang karena sedang menghadapi lingkungan sosial baru, sikap teman yang baru, tugas baru, dan nilai masyarakat yang baru.

Bagaimana Beradaptasi di Lingkungan Baru?

  • Percaya diri

Percaya diri ialah kunci utama bagi siapa pun yang sedang menyesuaikan diri terhadap lingkungan baru. Tanpa adanya percaya diri maka seorang remaja akan sulit bergabung dengan lingkungan baru.

  • Mampu membawa diri

Ketika sedang berada di lingkungan baru, remaha seringkali berpersepsi tentang buruknya pertemanan maupun urusan sosial lainnya. Tapi ada baiknya hilangkan persepsi negatif dan belajar lah membawa diri di hadapan semua orang.

  • Peka

Peka sosial merupakan modal utama seorang remaja untuk diterima di lingkungan yang baru. Misalkan ada teman yang kesulitan kita siap sedia membantu sehingga banyak referensi pertemanan yang akan diterima.

  • Ramah

Sebagai orang baru di lingkungan yang baru, ada baiknya jika seorang remaja memiliki sikap ramah kepada siapa orang. Jangan lupa melayangkan senyum kepada setiap orang.

  • Mulai Percakapan

Ketika berada di lingkungan yang baru ada baiknya remaja memulai percakapan kepada teman yang lain agar tidak suntuk dan menambah keakraban bagi hubungan pertemanan yang akan dijalani.

  • Berbaur dan jangan membatasi diri

Jika remaja ingin memiliki banyak teman di lingkungan baru ada baiknya mudah berbaur kepada siapa saja dan jangan membatasi diri hanya bergaul dengan itu-itu saja karena justru akan menghambat pertemanan Anda kepada teman yang lain. Sebaiknya jangan suka berkelompok atau membentuk genk agar tidak canggung ketika berhadapan dengan yang lain.

  • Jadi lah diri sendiri

Ketika Anda berniat untuk adaptasi di lingkungan baru, ada baiknya Anda menjadi diri sendiri. Tampil apa adanya menjadi lebih baik dan disegani daripada berpura-pura menjadi oranglain justru ketika jati diri Anda terbuka di hadapan teman yang lain justru akan merepotkan Anda sendiri.

Demikian tips bagi para remaja untuk menyesuaikan diri di lingkungan baru agar tetap dapat eksis dan memiliki teman yang banyak. Semoga informasi tersebut dapat menumbuhkan rasa percaya diri remaja di lingkungan yang baru. Berpikir lah positif dimana pun tempatnya, tapi harus tetap waspada terhadap pergaulan remaja saat ini. (MLS).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here