Obat Tradisional untuk Mengobati Sakit Gigi pada Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika sakit gigi menyerang, ibu hamil harus jeli dan hati-hati dalam memilih obat yang akan dikonsumsi agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya pada janin dalam kandungan. Apabila diperlukan konsultasikan  dengan dokter kandungan jika sakit gigi yang diderita tak kunjung sembuh. Namun, perlu diketahui bila ibu hamil sangat rentan terserang sakit, salah satunya sakit gigi dan gusi. Hal ini disebabkan karena hormon kehamilan, karena hormon tersebut membuat gusi pada gigi menjadi lebih sensitif. Berikut beberapa obat tradisional sakit gigi untuk ibu hamil yang aman di konsumsi selama kehamilan:

Merica dan Garam

Campuran antara merica dan garam bisa menjadi alternatif pilihan untuk meredakan sakit gigi yang menyerang tiba-tiba. Kandungan anti-inflamasi dan analgesik di dalamnya dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada gusi yang sakit. Caranya, campurkan satu sendok teh garam dan merica, kemudian oleskan campuran garam dan merica tadi dengan sikat gigi pada gigi yang sakit. Tunnggu beberapa menit lalu berkumur hingga bersih. Lakukan cara ini setiap hari selama gigi masih sakit.

Bawang Putih dan Bawang Merah

Di dalam bawang merah memiliki kandungan anti septik dan anti mikroba yang sangat berguna untuk membantu mengurangi rasa sakit dan juga peradangan pada gusi yang disebabkan oleh adanya infeksi. Caranya kunyah sepotong bawang merah untuk mengurangi rasa sakit pada gigi, namun bila ibu hamil tidak sanggup mengunyah bawang merah cukup letakkan sepotong bawang merah ditempat gusi atau gigi yang sakit untuk meredakan rasa nyeri yang dirasakan.

Bawang putih mengandung asam amino aliin ketika dihaluskan atau dipotong asam ini kemudian berubah menjadi alisin. alisin merupakan zat yang berfungsi sebagai antibakteri dan juga anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi serta mengurangi rasa nyeri pada gigi. Cara mengobati sakit gigi menggunakan bawang putih sangat mudah, hanya dengan menggerusnya hingga lembut tambahkan sedikit garam lalu letakkan di area gigi yang terasa nyeri. Cara ini tidak hanya untuk ibu hamil, namun juga dapat dipraktikan untuk siapa saja ketika sedang menderita sakit gigi.

Cengkeh

Manfaat lain dari cengkeh selain untuk menyedapkan makanan ternyata juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri atau sakit pada gigi. Kandungan zat aktif eugenol di dalam cengkeh merupakan pereda nyeri alami, dengan mengoleskan sedikit minyak cengkeh pada area yang terasa sakit dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri yang terjadi. Rasanya yang hangat akan menenangkan rasa nyeri pada gusi atau gigi dan sakit pun akan berangsur membaik. Perlu garis bawahi pemakaian yang tepat akan membuat manfaatnya lebih maksimal.

Daun Jambu

Daun Jambu selain dikenal berkhasiat sebagai obat diare untuk ibu hamil ternyata juga memiliki khasiat untuk mengurangi sakit gigi. Karena daun jambu memiliki kandungan anti mikroba, anti-inflamasi, dan analgesik yang berkhasiat mengurangi rasa nyeri pada gigi dan gusi yang dialami oleh ibu hamil. Ibu hamil bisa mengunyah satu lembar daun jambu muda yang sudah dicuci bersih sampai lembut dan berefek ke area gigi yang terasa nyeri. Atau bisa juga merebus beberapa lembar daun jambu dengan dua gelas air hingga menyusut menjadi segelas saja, lalu diamkan hingga dingin untuk berkumur setiap pagi dan malam selama gigi masih sakit. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here