Tips Pola Makan Sehat Pada Anak

SehatFresh.com – Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya tumbuh sehat. Memberikan makanan sehat dan bergizi adalah cara terbaik yang dapat Anda lakukan agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun, terkadang anak-anak sulit untuk makan makanan yg bergizi seperti sayur-sayuran dan lebih menyukai daging atau bahkan makanan instan dan jajanan di sekolah yang belum tentu menyehatkan.

Karena alasan sayang kepada anak, tidak jarang banyak orang tua yang memenuhi kemauan anak dengan memberikan makanan yang kurang sehat bagi mereka. Memberikan pizza, burger dan makanan sejenisnya bukan cara yang tepat untuk menunjukkan kasih saying Anda sebagai orang tua. Maka dari itu, penting bagi orangtua untuk menanamkan kebiasaan makan yang benar pada anak, karena hal ini akan menentukan kesehatan anak-anaknya kelak. Menerapkan pola makan sehat pada si kecil memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin.

Orang tua bisa mulai mengajarkan pola makan sehat pada anak dengan 5 tips berikut ini:

  1. Latih untuk disiplin
    Mulailah untuk membiasakan anak makan pada tempatnya, yaitu di meja makan. Agar anak mau, ajaklah untuk makan bersama. Hal ini dapat memumbuhkan disiplin pada anak.
  2. Ciptakan waktu makan yang menyenangkan
    Jadikanlah waktu makan sebagai aktifitas yang menyenangkan dengan berkumpul bersama keluarga. Buatlah waktu makan menjadi lebih menyenangkan dengan melibatkan seluruh keluarga, setidaknya satu kali dalam sehari.
  3. Sajikan menu yang bervariasi
    Sajikanlah berbagai variasi menu untuk menumbuhkan selera makan anak. Misalnya, aneka sayuran, daging ayam, dan buah-buahan. Jika anak mengeluh karena temannya mengonsumsi makanan cepat saji, jangan jadikan ini alasan untuk menyerah begitu saja. Sebaiknya, ibu belajar bereksperimen membuat berbagai jenis makanan agar anak lebih berselera untuk makan.
  4. Dimasak sendiri
    Kesehatan adalah faktor penting bagi pertumbuhan anak. Berikanlah makanan sehat yang sebaiknya dimasak sendiri agar lebih aman dari bahan pengawet dan pewarna yang bisa membahayakan. Orang tua juga perlu memberi jumlah kalori yang sesuai dengan usia anak guna menghindarkan anak dari masalah obesitas.
  5. Atur jadwal
    Buatlah jadwal makan seperti jadwal makan 3 kali sehari. Dengan adanya jadwal, maka anak akan terbiasa makan dengan teratur. Orang tua memang perlu menanamkan kebiasaan makan yang sehat dan baik pada anak-anak, tetapi sesekali memberikan mereka permen dan makanan manis lainnya tidak akan merugikan mereka selama itu tidak sering dilakukan.

Pola makan sehat sangat baik untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan pertumbuhan yang normal pada anak-anak. Sayangnya, mengajarkan anak-anak untuk mengkonsumsi makanan sehat memanglah tidaklah mudah. Orang tua harus bisa memberikan contoh dalam mengajarkan pola makan sehat dan sesuai dengan tata cara makan yang baik dan benar. Jika memang anak dirasa sulit sekali untuk ditanamkan pola makan yang sehat, tidak ada salahnya mencoba membawanya berbicara dengan dokter guna mencari solusi terbaik untuk masalah makan yang dialami anak Anda.

Sumber gambar : katalogbunda.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY