Usia Ideal Anak Masuk Sekolah Taman Kanak-kanak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak orang tua yang bertanya-tanya, sebenarnya berapakah usia ideal anak masuk sekolah taman kanak-kanak? Untuk memutuskan diusia berapa anak masuk TK, berbagai faktor harus dipertimbangkan. Faktor-faktor tersebut terkait kesiapan kognitif dan psikologis anak, yang biasanya sejalan dengan bertambahnya usia.

Kenapa faktor kognitif dan psikologis sangat penting bagi anak?

Sangatlah penting bagi orangtua untuk mengetahui kesiapan anak secara kognitif dan psikologis, sebelum mendaftarkannya ke TK. Faktor kognitif terkait kecerdasan, misalnya apakah anak sudah mampu menangkap pelajaran di jenjang TK. Sementara itu faktor psikologis terkiat dengan emosi, misalnya apakah anak memiliki motivasi atau kemandirian untuk bersekolah.

Persiapan anak untuk masuk di sekolah TK harus benar-benar dipikirkan orangtua. Pada jenjang sekolah TK, anak memang lebih banyak bermain dan bernyanyi. Selain itu anak juga diminta untuk berinteraksi dengan teman-teman sebaya dan guru di TK. Semua aktivitas di TK akan dijadikan sebagai acuan dalam mempersiapkan anak sebelum memasuki sekolah dasar.

Masuk TK diusia 3 tahun, apakah diperkenankan?

Menurut beberapa pakar pendidikan, usia anak masuk TK memang berada di kisaran 4-5 tahun. Meski demikian ada pula orangtua yang sudah memasukan buah hatinya ke TK diusia 3 tahun, karena beberapa faktor khusus di luar akademis.

Hal itu dikarenakan sang anak mempunyai kakak atau saudara dekat, yang kebetulan juga masuk bersekolah di TK. Akibat si kecil tidak memiliki teman bermain di rumah, akhirnya meminta untuk ikut masuk di TK bersama kakaknya. Namun orangtua harus memahami konsekuensi memasukan anak di TK saat usianya belum cukup.

Konsekuensi yang mungkin terjadi saat anak masuk TK diusia 3 tahun, yakni bisa saja anak tidak mendapatkan hak pendidikan yang sama dengan siswa lainnya. Misalnya karena anak dianggap belum cukup umur, maka harus menjalani masa 3 tahun selama di TK. Itu artinya anak bisa saja menempuh 2 tahun saat di TK nol kecil dan 1 tahun di jenjang nol besar, atau sebaliknya.

Idealnya anak masuk TK di usia 4 hingga 5 tahun

Berdasarkan faktor usia, idealnya anak masuk sekolah TK antara 4-5 tahun. Untuk itu orangtua harus benar-benar memperhatikan kesiapan anak secara fisik, kognitif, dan psikologis. Namun pada umumnya diusia 4 hingga 5 tahun, anak telah memiliki perkembangan kognitif dan emosi yang cukup baik.

Guna membentuk anak agar memiliki aspek kognitif dan psikologis yang baik diusia 4 tahun, maka peran orangtua sangat dibutuhkan dalam mendidik anak di rumah. Misalnya orangtua dengan sabar memperkenalkan berbagai macam warna, huruf, atau nama-nama benda di sekitar rumah.

Selain itu orangtua juga bisa melatih kesiapan fisik anak khususnya  terkait motorik halus seperti menggunting, melipat, membedakan bentuk, hingga menulis huruf. Sementara itu motorik kasar bisa dilatih dengan melempar, berlari, dan  melompat. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here