Makanan Penurun Gula Darah Baik untuk Penderita Diabetes

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit diabetes bisa mengakibatkan komplikasi, apabila penderitanya tidak bisa mengatur pola makan. Hanya saja menahan keinginan untuk tidak menikmati berbagai makanan, memang tidak mudah. Dibutuhkan perhatian khusus dari banyak pihak, tidak terkecuali kesadaran sendiri dari pasien. Lantas makanan apa saja yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes?

Mengkonsumsi pare bisa membantu menurunkan gula darah

Pare merupakan salah satu makanan yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Terkenal mempunyai rasa pahit yang khas, pare sudah lama dimanfaatkan untuk menurunkan jumlah gula darah yang berlebih. Selain itu pare juga bermanfaat untuk mencegah munculnya diabetes, bagi pihak-pihak yang baru terserang gejala awal penyakit tersebut.

Mengkonsumsi bawang putih bisa membantu menurunkan gula darah

Bawang putih menjadi salah satu makanan penurun gula darah yang telah lama dimanfaatkan masyarakat. Secara medis bawang putih juga sudah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sekaligus membuat kadar gula pada kondisi stabil. Syaratnya bawang putih harus dikonsumsi secara teratur dengan petunjuk ahli medis.

Mengkonsumsi bayam bisa membantu menurunkan gula darah

Bayam mempunyai kandungan magnesium yang cukup tinggi, sehingga mampu mengontrol kadar gula darah. Selain itu magnesium tersebut juga bisa membantu dalam mengendalikan pengeluaran insulin dan glukosa di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi bayam secara teratur, penderita diabetes bisa menjaga kestabilan gula dalam darah.

Mengkonsumsi alpukat bisa membantu menurunkan gula darah

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki nutrisi tinggi. Alpukat juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan penurun gula darah karena mempunyai asam lemak tak jenuh. Zat tersebutlah yang dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah pada tubuh.

Mengonsumsi kacang almond bisa membantu menurunkan gula darah

Kacang almond memiliki kandungan magnesium, protein, serat, dan zat kromium yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Alhasil jadikanlah kacang almond sebagai menu alternatif bagi penderita diabetes, karena aman untuk dikonsumsi.

Mengonsumsi kacang kedelai bisa membantu menurunkan gula darah

Kedelai merupakan makanan yang sangat cocok bagi penderita diabetes, karena mampu menurunkan gula darah. Kacang kedelai memiliki kandungan serat yang tinggi dan protein nabati yang mampu membantu dalam menurunkan ekskresi urin bagi penderita diabetes.

Mengonsumsi apel bisa membantu menurunkan gula darah

Makanan lain yang dipercaya dapat menurunkan gula darah adalah buah apel. Apel mampu mengontrol gula darah karena memiliki kandungan zat pektin. Senyawa tersebut yang akhirnya bisa menurunkan kadar insullin, sekaligus menjaga kadar gula darah agar stabil.

Mengonsumsi gandum bisa membantu menurunkan gula darah

Gandum mempunyai serat alami yang utuh dan bisa membantu dalam menurunkan kadar gula darah. Olahan gandum bisa menjadi alternatif bagi penderita diabetes untuk disajikan dalam menu makanan sehari-hari. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here