Waktu dan Tahapan Tidur Normal pada Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada saat keluar dari kandungan ada beberapa perubahan fisologi yang harus di adaptasikan oleh bayi. Salah satunya pola istirahat. Pada umumnya bayi 3 bulan pertama bayi lebih banyak tidur dibandingkan melakukan aktivitas. Bayi lebih sering tidur di siang hari dan bangun di malam hari.

Pola istirahat atau tidur merupakan salah satu yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada bayi. Hormon perkembangan menjadi aktif pada saat bayi tidur. Selain itu, tidur bermanfaat untuk melindungi dari kerusakan jantung dan pembuluh darah, membantu berat bdan, dan melawat penyakit serta infeksi. Selain itu pola istirahat juga merupakan hal yang berkaitan dengan kesehatan.

Orang dewasa membutuhkan waktu istirahat normal sekitar 7-8 jam sehari. Hal ini berbeda dengan  Pola istirahat bayi berdasarkan umur, diantaranya :

  • Bayi baru lahir. Pada umumnya bayi baru lahir akan tidur sekitar 16,5 jam dalam sehari. 8 jam tidur pada siang hari dan 8,5 jam tidur di malam hari. Bayi akan bangun apabila bayi merasa haus atau ingin menyusu.
  • 1 bulan. Pada usia ini bayi sudah mencari tahu perbedaan siang dan malam, biasanya bayi berusia 1 bulan jam tidur normal 14 – 16 jam dalam sehari. Pada siang hari bayi akan tidur 6-7 jam dan 8-9 jam pada malam hari
  • 3 bulan. Tidur total bayi umur 3 bulan 14-16 jam, durasi ini sama dengan durasi tidur pada bayi berusia 1 bulan. Akan tetapi berbeda durasi siang yaitu 5 jam dan malam 10-11 jam.
  • 6 bulan. Bayi umur 3 bulan biasanya tidur 3 jam di siang hari dan 11 jam pada malam hari. Dan total tidur dalam sehari yaitu 14 jam
  • 9-12 bulan. Bayi akan tidur di siang hari 2,5 jam dan pada malam hari 11 jam. Pola istirahat pada bayi berusia ini akan mengalami kesulitan apabila sedang tumbuh gigi. Selain itu bayi mengalami kesulitan tidur apabila tidak bersama orangtuanya.

Bayi baru lahir akan mengalami tahapan tidur. Macam-macam tahapan tidur pada bayi yaitu :

  1. Tidur dalam

Tidur dalam istilah ini digunakan untuk tidur nyenyak. Pada tahap ini bayi akan sulit terbangun, tetapi apabila seseorang membangunkannya bayi akan bangun sebentar dan kemudian akan tidur kembali.

  1. Tidur ringan

Pada tahap ini mata bayi akan tertutup tetapi kelopak matanya bergerak-gerak, pernapasan bayi tidak teratur, dan bayi akan tersenyum.

Salah satu dalam merawat bayi yaitu mengajarkan bayi perbedaan antara siang dan malam. Mengajarkan bayi bahwa itu waktu di siang hari dengan cara menyalakan lampu dan suara dalam keadaan normal pada saat bayi tidur. Sedangkan mengajar bayi pada malam hari dengan cara matikan lampu dan buat suasana hening dan tenang, batasi interaksi dengan bayi.

Pada bayi juga ada tahapan untuk bangun, diantaranya mengantuk, bangun tenang atau bayi akan berbaring dan memandangi ibu, bangun aktif, dan menangis. Pada umumnya bayi akan bangun dan menangis apabila bayi merasa lapar, merasa tidak nyaman karena popok atau kain yang basah. Perlu ibu ketahui, pola istirahat bayi jangan sampai ibu lalaikan akan kebutuhan pola nutrisi bayi. Kondisi lambung bayi akan mengosongkan ASI dalam waktu 2-3 jam, untuk ibu dalam waktu tersebut ibu harus membangunkan bayi apabila bayi tidur. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here