10 Daftar Makanan Tinggi Kalium

0
9
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Diet kurang kalium (potasium) dapat menyebabkan hipokalemia, yang ditandai dengan gejala-gejala seperti dehidrasi, sakit kepala, detak jantung tidak beraturan dan pembengkakan kelenjar dan jaringan. Ini karena kalium mengatur sejumlah fungsi sistem tubuh diantaranya menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, membantu pembuangan limbah, dan menjaga kesehatan saraf. Begitu penting fungsinya ini, asupan kalium harian harus memadai. Orang dewasa memerlukan asupan 4.700 miligram kalium setiap hari. Rekomendasi harian tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan-makanan tinggi kalium, seperti 10 makanan berikut ini:

  1. Alpukat. Selain mengandung vitamin E, alpukat juga kaya akan asam lemak omega-3 dan kalium. Satu buah alpukat dapat menyumbang 700-1.000 miligram kalium, atau hingga 30% kebutuhan harian.
  2. Labu acorn (acorn squash). Satu cangkir labu acorn menyumbang 896 miligram kalium yang sama dengan mencukupi 26% persen kebutuhan kalium harian. Tak hanya itu saja, jenis labu musim dingin ini juga mengandung antioksidan karotenoid yang dapat mencegah kanker.
  3. Bayam. Banyak nutrisi penting yang terkandung dalam bayam. Salah satunya kalium. Satu porsi bayam yang telah dimasak mencukupi 24% kalium harian (sekitar 800 miligram).
  4. Kentang. Baik itu kentang putih ataupun kentang manis (ubi) keduanya merupakan makanan dengan kandungan kalium yang tinggi. Per buahnya mengandung hingga 900 miligram kalium. Di dalamnya juga terkandung serat, zat besi, dan vitamin C.
  5. Aprikot. Berbagai nutrisi penting dalam aprikot membuat buah ini populer sebagai camilan di kalangan pelaku diet. Satu cangkirnya menyumbang asupan 79 kalori, 63% vitamin A, 23% vitamin C, dan 12% kalium.
  6. Air kelapa. Air kelapa kerap digunakan untuk mengatasi dehidrasi. Alasannya karena air kelapa mengandung mineral elektrolit yang salah satunya adalah kalium. Jumlahnya juga tinggi, yakni 600 miligram per cangkir.
  7. Pomegranate (delima merah). Satu buah pomegranate dengan diameter 4 inci memiliki kandungan 666 miligram kalium. Selain itu, buah ini dikenal memiliki antioksidan tinggi yang bermanfaat mencegah kanker dan menurunkan kolesterol.
  8. Yogurt. Mengonsumsi yogurt setiap hari tak cuma baik untuk menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus, tapi juga membantu memenuhi kebutuhan kalium. Satu cangkir yogurt tawar tanpa lemak memiliki kandungan sekitar 500 miligram kalium.
  9. Bit. Selama ini, bit dikenal sebagai obat anemia karena kandungan zat besinya yang tinggi. Ternyata selain tinggi zat besi, bit juga merupakan sumber makanan berkalium tinggi. Dalam satu cangkirnya, bit yang telah dimasak memberikan asupan kalium sekitar 500 miligram.
  10. Pisang. Satu buah pisang ukuran besar mengandung 487 miligram kalium. Buah ini juga menyumbang asupan nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, magnesium, dan serat. (RFZ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY