Relaksasi yang Dapat Dilakukan untuk Meredakan Stres

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Relaksasi merupakan kegiatan yang tidak capek tapi hasilnya bisa membuat tubuh menjadi lebih baik dan fresh. Anda bisa melakukan relaksasi di sela-sela kesibukan atau pun saat pulang kerja. Jika Anda mau rutin melakukan relaksasi tentunya akan membuat tubuh semakin sehat.

Relaksasi Apa Saja yang Bisa Dilakukan?

Ada beberapa cara relaksasi ringan yang bisa Anda lakukan untuk meredakan stress, sebagai berikut:

  • Pernafasan Dada

Pernafasan dada merupakan cara relaksasi yang paling mudah dilakukan, tapi paling sering dilupakan. Padahal manfaatnya luar biasa. Caranya ialah sebagai berikut:

  1. Mengatur posisi tubuh sampai merasa paling nyaman.
  2. Tarik nafas sedalam-dalamnya secara perlahan. Hirup udara melalui hidung.
  3. Lepaskan udara melalui mulut secara perlahan.
  4. Lakukan pernafasan ini hingga beberapa kali dan terasa tenang.
  • Meditasi

Lakukan relaksasi dengan cara meditasi, yaitu dengan duduk di lantai dengan posisi kaki dilipat. Pejamkan mata, tenangkan jiwa dan raga. Lupakan segala macam persoalan yang mengganggu pikiran.

  • Yoga

Lakukan yoga dengan cara melakukan pernafasan dan peregangan otot menggunakan gerakan-gerakan yoga. Jika Anda rutin berlatih yoga, tentu akan membuat jiwa lebih tenang, bahagia, dan tidak cemas.

  • Memijat-mijat Diri Sendiri

Pijatlah tubuh diri sendiri secara perlahan. Lakukan pijatan relaksasi dengan meletakkan dua tangan di bahu dan leher, kemudian lakukan pijatan ringan menggunakan jari dan telapak tangan. Biarkan bahu menjadi lebih rileks dengan pijatan-pijatan sederhana. Kemudian letakkan satu tangan di atas lengan bagian bawah dari tangan yang lain. Lakukan pijatan secara ringan dari siku sampai jari-jari. Lakukan ini secara pergantian menggunakan tangan yang satunya.

  • Olahraga

Sebaiknya melakukan olahraga ringan secara rutin setiap hari untuk menghindari rasa stress. Saat Anda melakukan olahraga ringan, maka tubuh akan melepaskan hormon serotonin yang dapat sehingga ada perasaan bahagia. Olahraga ringan sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa depresi.

  • Sering Tertawa

Tertawa juga merupakan salah satu cara merelaksasi tubuh dan menghilangkan rasa stress. Saat seseorang tertawa, maka dapat merangsang endorphine, metanonin, dan serotonin. Tertawa juga sangat baik bagi kesehatan otak karena seseorang bisa lebih tenang. Bahkan tertawa dapat membuat seseorang sembuh dari berbagai macam gangguan mental. Seseorang dapat lebih sehat karena tertawa memberikan dampak peningkatan sistem imun, menurunkan tekanan darah tinggi, serta mencegah berbagai penyakit jantung.

  • Berhubungan Seksual (Bagi yang Sudah Berpasangan)

Bagi Anda yang sudah berpasangan, bisa rutin melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Rutin melakukan hubungan intim secara perlahan juga merupakan salah satu gerakan relaksasi yang dapat mengurangi tingkat stress. Saat Anda melakukan hubungan seks, maka tubuh akan mengeluarkan hormone endorphin yang dapat membuat tubuh menjadi lebih fresh dan rileks.

Demikian informasi mengenai relaksasi yang dapat dilakukan untuk meredakan stress. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY