12 Tanda dan Gejala yang Ditimbulkan Bila Perut Cacingan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Cacingan tidak hanya menyerang anak-anak, tapi juga orang dewasa. Umumnya penyakit cacingan pada seseorang diakibatkan karena kurangnya kebersihan diri. Guna mewaspadainya, berikut ini 12 tanda gejala yang ditimbulkan bila perut cacingan.

  1. Menimbulkan nyeri pada perut. Cacingan dapat ditandai dengan adanya sesuatu yang bermasalah di dalam perut, seperti rasa nyeri. Rasa nyeri itu muncul akibat cacing-cacing yang terdapat di dalam saluran pencernaan menyerap sari-sari makanan.
  2. Menimbulkan diare. Nyeri yang diakibatkan oleh cacing yang menyerap sari-sari makanan, selanjutnya dapat menyebabkan diare. Tinja yang dihasilkan biasanya bertekstur cair atau lembek, yang keluar berkali-kali dalam waktu singkat.
  3. Menimbulkan penurunan nafsu makan. Nafsu makan seseorang otomatis menjadi turun ketika mengalami cacingan. Hal tersebut karena cacing-cacing menyerap sari makanan di dalam tubuh. Selain itu rasa nyeri dan diare juga menyebabkan seseorang enggan makan dan minum.
  4. Menimbulkan anemia. Kekurangan darah rupanya juga dapat menjadi salah satu ciri kondisi cacingan dalam tubuh. Selain menyerap sari-sari makanan, cacing juga menyedot darah. Secara otomatis darah menjadi berkurang, sehingga badan lesu dan cepat lelah.
  5. Menimbulkan batuk yang tidak kunjung sembuh. Sejumlah jenis cacing rupanya dapat hidup di dalam paru-paru, sehingga membuat penderita batuk-batuk berkepanjangan yang susah disembuhkan.
  6. Menimbulkan penurunan berat badan. Penurunan berat badan jelas menjadi salah satu ciri-ciri khusus dari penderita cacingan. Pasalnya cacing memakan sari makanan, sehingga gizi penderita menjadi berkurang.
  7. Menimbulkan pucat pada wajah dan tidak bergairah. Kondisi yang satu ini berkaitan dengan turunnya nafsu makan seseorang. Tubuh apabila tidak memperoleh nutrisi yang cukup, maka bisa menjadi menjadi lesu dan wajah juga berubah menjadi pucat.
  8. Menimbulkan pembengkakan di pankreas. Ciri yang satu ini umumnya terjadi pada anak-anak. Meski tergolong langka, namun beberapa anak berkemungkinan mengalaminya. Khususnya jika anak tersebut sudah pernah mengalami riwayat penyakit lain yang tidak terdeteksi.
  9. Menimbulkan pembengkakan hati. Pembesaran organ hati juga dapat terjadi akibat penyakit cacingan. Seseorang apabila sudah memiliki keluhan sakit di bagian hati, maka sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter.
  10. Menimbulkan ruam di beberapa tempat. Penderita cacingan biasanya juga akan muncul ruam di beberapa bagian tubuh. Jika telah muncul situasi seperti ini, maka jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan medis ke dokter.
  11. Menimbulkan mual dan muntah. Rasa nyeri dan sakit pada perut dapat mengakibatkan mual dan muntah bersamaan dengan diare. Bila telah merasakan kondisi seperti ini, maka segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penangan medis.

Menimbulkan penyumbatan usus. Jangan pernah menyepelekan cacingan, karena dapat menguasai saluran pencernaan. Kondisi akan serius apabila usus mulai tersumbat akibat banyaknya jumlah cacing. Milsanya saja cacing gelang yang umumnya bisa menyebabkan usus tersumbat. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here