4 Manfaat Makan Makanan Pedas Bagi Tubuh

0
6
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Lebih dari sekedar membuat makan terasa nikmat, makanan pedas juga menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Bahan makanan pedas, seperti cabai merah, cabai rawit dan jalapeno, kaya akan kandungan senyawa yang disebut capsaicin. Senyawa ini yang menciptakan rasa pedas pada bahan makanan tersebut dan telah diteliti dapat meredakan dan mencegah berbagai masalah kesehatan. Inilah beberapa manfaat yang Anda peroleh dengan mengonsumsi makanan pedas:

  1. Menurunkan berat badan

Ketika mengonsumsi makanan pedas, suhu tubuh meningkat dan ini dapat membantu mempercepat metabolisme. Ini karena capsaicin dapat meningkatkan suhu tubuh dan disebut memiliki efek termogenik. Makanan yang memiliki efek termogenik adalah makanan yang membutuhkan banyak kalori agar tercerna dengan baik. Karena efek termogenik tersebut, capsaicin dapat mendorong membakar kalori lebih cepat sehingga dapat membantu dalam penurunan berat badan.

  1. Jantung lebih sehat

Tak banyak orang menyadari bahwa makanan pedas dapat menjaga kesehatan jantung. Capsaicin membantu meningkatkan laju pemecahan kolesterol jahat dan melawan peradangan. Hal ini pada gilirannya membantu mengurangi risiko penyempitan arteri serta meningkatkan aliran darah. Tak hanya capsaicin, kandungan vitamin A dan C dalam cabai juga dapat menguatkan dinding pembuluh darah.

  1. Meredakan nyeri

Capsaicin membantu meredakan nyeri sebagian dengan menghabiskan suplai zat yang disebut “zat P”. Zat ini merupakan komponen kimia sel saraf yang terlibat dalam transmisi sinyal nyeri ke otak. Otak kemudian merespons dengan melepaskan neurotransmitter yang disebut endorfin. Pelepasan endorfin ini adalah salah satu cara alami tubuh untuk meredakan nyeri dengan menghalangi kemampuan saraf untuk mengirimkan sinyal nyeri tersebut. Selain endorfin, otak juga melepaskan dopamin, yakni salah satu zat kimia otak yang menciptakan rasa senang. Tak heran, bila makanan pedas membuat banyak orang ketagihan.

  1. Mencegah kanker

Capsaicin telah diteliti dapat menginduksi apoptosis (kematian sel) dan menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti sel kanker payudara, tulang, usus besar, dan pankreas, dengan tidak merusak sel-sel normal. Jika capsaicin dikombinasikan dengan gingerol pada jahe atau kurkumin pada kunyit, efek antikanker-nya menjadi semakin kuat.

Manfaat makanan pedas memang luar biasa. Namun, konsumsinya berlebihan dapat memicu masalah pencernaan, seperti heartburn, refluks asam, sakit perut, hingga diare. Terutama jika Anda memiliki pencernaan yang sensitif. Jadi, konsumsilah makanan pedas secara moderat untuk mendapatkan semua manfaat sehatnya! (RFZ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY