5 Macam Diet Populer Beserta Plus Minusnya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jenis diet seperti apa yang pernah atau sedang Anda jalani? Ada banyak alasan mengapa seseorang berdiet, baik untuk alasan kesehatan maupun kecantikan. Karena itu, banyak jenis-jenis diet bermunculan berdasarkan pemahaman dan teori yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis diet yang mungkin sudah pernah Anda dengar. Beberapa jenis diet populer yang disertai plus minusnya, yaitu :

  1. Diet detok

Diet detok di kenalkan oleh seorang ahli nutrisi yang bernama Dr. Paula Baillie Hamiton dari Amerika Serikat. Diet jenis ini menyarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan jenis buah dan sayur selama waktu tertentu. Plus dari diet ini dapat membersihkan usus dari zat berbahaya yang masuk melalui makanan dan minuman hingga polusi. Diet ini berfungsi memperbaiki sistem metabolisme dan menurunkan berat badan dengan cepat. Minus dari diet detok yaitu seseorang yang menjalaninya merasa pusing, lemas, wajah terlihat layu, dan konsentrasi menurun.

  1. Diet golongan darah

Diet golongan darah diperkenalkan oleh ahli naturpati yang bernama Peter J.D’Adamo yang berasal dari Amerika Serikat. Jenis diet ini setiap orang di sarankan untuk mengkonsumsi makanan berdasarkan jenis golongan darahnya. Kelebihan dari jenis diet ini yaitu setiap golongan darah memiliki respon yang berbeda terhadap makanan yang masuk ke dalam tubuh orang tersebut sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Kelemahan dari jenis diet ini yaitu diet ini belum ada pembuktian yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan belum ada penelitian klinis yang menjelaskan reaksi yang timbul pada tubuh.

  1. Diet tinggi protein (diet Atkins)

Sesuai dengan namanya jenis diet ini di perkenalkan oleh Dr Robert Atkins pada tahun 70-an. Jenis diet ini membolehkan seseorang mengkonsumsi lemak dan protein sesuka hatinya dan meminimalkan asupan karbohidrat dan gula. Plus dari jenis diet ini yaitu akan langsung membakar lemak dalam perut karena rendahnya asupan karbohidrat sehingga meningkat pula sistem metabolisme tubuh dan berat badan dapat turun dengan cepat. Minus dari diet jenis diet ini yaitu pada awal seseorang menjalankan diet ini maka orang tersebut akan merasa letih yang berlebihan, sakit kepala, dan rasa kurang nyaman pada tubuh.

  1. Diet south beach

Diet south beach di perkenalkan oleh seorang kardiolog di wilayah Miami, Florida, AS yang bernama Dr. Arthur Agatston. Diet jenis ini harus dilakukan beberapa fase yaitu fase pertama berlangsung 2 minggu dimana orang yang menjalankan diet ini harus menghindari karbohidrat yang memiliki kandungan glikemik yang tinggi dan mereka tidak dianjurkan mengkonsumsi daging, telur dan lain sebagainya. Fase kedua anda boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung glikemik. Dan fase ketiga yaitu mempertahankan berat badan. Plus dari jenis diet ini yaitu dapat digunakan oleh seseorang yang mengalami penyumbatan pembuluh darah jantung. Minus dari jenis diet ini yaitu di awal menjalankan diet ini seseorang akan mengalami konstipasi, sehingga orang tersebut di anjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi minum air putih.

  1. Diet food combining

Diet ini di ciptakan oleh Dr William Howard Hay. Seseorang yang memilih jenis diet ini diselaraskan dengan mekanisme alamiah fungsi tubuh manusia yang bertujuan untuk meringankan kerja sistem pencernaan. Plus dari jenis diet ini yaitu makanan akan menghasilkan kadar asam dan basa yang seimbang sehingga membuat sistem metabolisme menjadi lancar. Minus dari jenis diet ini yaitu banyak penelitian yang mengatakai diet ini memiliki kaitannya dengan usaha penutunan berat badan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here