5 Masker Alami untuk Wajah Berjerawat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika jerawat menjadi masalah besar bagi banyak orang, khususnya para remaja. Beberapa orang bahkan rela mengeluarkan banyak uang demi pengobatan jerawat, meskipun tidak selamanya berhasil. Berikut ini akan dipaparkan 5 masker alami yang cocok dipakai mengatasi jerawat.

Masker alami dari madu asli

Sudah lama madu menjadi bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain menjaga stamina tubuh, madu juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Seseorang bisa menyembuhkan jerawat pada kulit wajah dengan menggunakan masker madu. Bagaimana cara pembuatannya?

Caranya sangat mudah, cukup sediakan madu asli secukupnya. Kemudian oleskan pada bagian wajah yang ditumbuhi jerawat. Biarkan masker madu meresap di kulit wajah sekitar 20 menit. Setelah madu mengering, bersihkan wajah dengan air dingin. Lakukan perawatan tersebut hingga jerawat sembuh.

Masker alami dari mentimun

Mentimun selama ini kerap dimanfaatkan sebagai pelengkap sayuran. Namun siapa sangka jika mentimun juga bisa digunakan untuk mempercantik kulit wajah sebagai masker. Hal tersebut karena mentimun memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang mampu mengatasi jerawat.

Cara pembuatannya diawali dengan memblender mentimun. Kemudian oleskan jus mentimun itu ke permukaan wajah, khususnya yang terdapat jerawat. Diamkan masker hingga 20 menit agar meresap. Setelah mentimun kering, bersihkan wajah menggunakan air dingin.

Masker alami dari putih telur

Putih telur dapat mengatasi komedo dan mengencangkan kulit wajah. Manfaatkan putih telur sebagai masker untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah, sehingga jerawat tidak tumbuh. Pembuatan masker alami dari putih telur pun cukup mudah.

Kocok putih telur hingga berbusa, kemudian oleskan pada wajah. Tunggu kurang lebih 20 menit hingga mengering, kemudian bilas dengan air sampai bersih. Langkah tersebut akan mengencangkan pori-pori dan mengatasi jerawat.

Masker alami dari tomat

Tomat memiliki banyak kandungan vitamin C yang diperlukan untuk regenerasi kulit. Tomat mampu membantu dalam mengatasi jerawat yang dapat mempengaruhi kecantikan, dengan diolah menjadi masker. Lantas bagaimana cara pembuatannya?

Pertama siapkan 1 buah tomat segar, kemudian belah menjadi 2. Haluskan dengan blender tomat tersebut, hingga menjadi cairan masker. Selanjutnya oleskan ke wajah dan tunggu sekitar 15 menit agar kering. Setelah itu bilas dengan air dingin. Selain dapat mengatasi jerawat, masker tomat juga bisa mengencangkan kulit wajah. Gunakan masker tomat secara rutin ketika pagi hari, sebelum menjalani aktivitas.

Masker alami dari semangka

Selama ini semangka dikenal sebagai buah yang segar dan manis. Namun siapa sangka selain untuk dikonsumsi, semangka juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Caranya dengan mengolah semangka menjadi masker.

Pertama siapkan semangka yang telah dikuliti, setengah buah jeruk, dan secangkir air. Campur bahan-bahan itu untuk kemudian dihaluskan. Setelah halus oleskan pada kulit wajah yang terdapat jerawat, lantas diamkan sekitar 15 menit. Selanjutnya bersihkan dengan air hangat. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here