Kesalahan yang Banyak Dilakukan Setelah Melahirkan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjalani kewajiban sebagai ibu memang tidak mudah. Terlebih jika ibu baru saja menjalani proses melahirkan untuk pertama kalinya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kesalahan yang banyak dilakukan ibu setelah melahirkan.

Ibu terlalu banyak memforsir tenaga

Seorang  ibu dalam menjalani aktivitas sehari-hari memerlukan banyak tenaga. Berdasarkan hal tersebut, ibu membutuhkan istirahat yang cukup setiap hari. Khusus bagi ibu yang sedang menjalani masa nifas, membutuhkan istirahat kurang lebih 7 hingga 9 jam per hari. Namun kenyataannya banyak ibu yang memforsir tenaganya dalam beraktivitas.

Padahal para ibu selain beraktivitas di pagi hingga sore hari, juga harus begadang di malam hari untuk menjaga bayi. Akibat kurang beristirahat, tubuh menjadi gampang lelah. Tentu saja kondisi ini tidak baik bagi ibu yang baru saja melahirkan.

Lantas bagaimana cara mensiasatinya? Ibu dapat mengatur waktu tidur dengan minta bantuan suami untuk bergantian mengasuh bayi. Kemudian pada siang atau sore hari, ibu dapat beristirahat saat bayi tidur. Dengan demikian jam istirahat ibu tetap tercukupi.

Ibu dihantui perasaan khawatir, takut dan gelisah yang berlebihan

Sangat wajar jika ibu merasa khawatir pada bayi yang baru dilahirkan. Namun jangan sampai rasa khawatir dan gelisah tersebut menjadi tidak terkontrol atau berlebihan. Ibu perlu mengatasi rasa khawatir yang berlebihan sedini mungkin, agar tidak mengalami postpartum depression  (depresi pasca persalinan).

Ibu memborong semua barang kebutuhan bayi

Setiap ibu akan senang jika melihat barang-barang kebutuhan bayi yang menggemaskan, sehingga membelinya dalam jumlah besar. Seharusnya ibu tidak bersikap demikian, dengan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan bayi.

Alhasil sebelum berbelanja kebutuhan bayi, ibu dianjurkan untuk menulis daftar belanja terlebih dahulu. Selain itu jangan pula terlalu banyak membeli barang-barang kebutuhan untuk bayi yang baru lahir. Pasalnya tubuh bayi yang cepat bertumbuh, membuat barang-barang yang dibeli jadi tidak bisa dipakai.

Ibu menuruti semua saran dari orang lain

Bagi wanita yang masih minim pengalaman dalam mengurus bayi, umumnya akan mendengarkan semua nasihat dari orang lain. Namun hasilnya ibu dan suami justru menjadi kebingungan. Padahal tidak semua nasihat tersebut benar dan dapat dijalankan. Disarankan bagi ibu yang minim pengalaman untuk mendengarkan saran dari orangtua atau kerabat dekat yang benar-benar sudah berpengalaman.

Ibu cuek terhadap suami karena terlalu sibuk mengurus bayi

Ibu setelah melahirkan pasti akan disibukkan dengan aktivitas mengurus bayi. Namun di satu sisi suami juga memerlukan perhatian dari ibu. Alhasil jangan melupakan kondisi suami, karena dapat mempengaruhi kualitas hubungan emosional. Luangkan waktu untuk suami, sekedar mengobrol atau bermesraan saat bayi sudah tertidur.

Ibu lupa menjaga penampilan diri

Mengurus rumah tangga memang menghabiskan banyak waktu. Namun ibu meskipun sibuk mengurus bayi, jangan lupa untuk tetap menyediakan waktu dalam menjaga penampilan diri sendiri. Hal tersebut bertujuan agar ibu tetap segar dihadapan suami. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY