5 Tips Atasi Stres Menjelang Pernikahan

0
8
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mempersiapkan pernikahan tentu bukanlah hal yang mudah. Mengurus undangan, catering, busana pengantin, gedung dan sebagainya pasti membuat capek dan stres. Karenanya, wajar bila kebanyakan wanita mengalami stres menjelang pernikahan. Pasangan yang tinggal menunggu hari H pun menjadi lebih rentan depresi dan mungkin lebih sering bertengkar.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatasi stres menjelang pernikahan:

  1. Luangkan waktu untuk bersantai

Sesibuk apa pun, tetap usahakan untuk meluangkan waktu bersantai. Waktu bersantai ini bisa Anda manfaatkan untuk memanjarakan diri. Misalnya, pergi ke spa. Pijat dan lulur dengan minyak tradisional atau aromaterapi adalah salah satu cara efektif yang bisa membuat tubuh dan pikiran rileks kembali. Selain itu, tak ada salahnya pergi rekreasi bersama pasangan. Tak perlu ke tempat jauh, cari saja tempat yang dekat dengan pemandangan alam yang bagus.

  1. Olahraga

Berolahraga adalah cara yang paling sehat untuk meredakan stres. Olahraga dapat merangsang pelepasan endorfin yang akan membuat suasana hati menjadi lebih baik. Tak perlu pergi ke gym, Anda bisa jogging atau berjalan kaki di sekitar rumah. Yang penting adalah Anda melakukannya secara rutin dan konsisten. Latihan pernapasan, meditasi, dan yoga juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk meredakan stres menjelang pernikahan.

  1. Makan dan tidur teratur

Saat sedang banyak pikiran, Anda mungkin sulit untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan makan secara teratur. Bagaimanapun, tidur dan makan adalah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi setiap harinya. Kekurangan tidur dan makan hanya akan membuat Anda mudah cemas dan kelelahan. Ini bisa memperparah stres Anda. Usahakan untuk tidur malam 8 jam setiap hari. Makanlah teratur 3 kali setiap harinya dan pastikan untuk mengonsumsi protein, biji-bijian, buah dan sayuran segar setiap kali makan. Anda juga dapat rutin mengonsumsi dark chocolate setiap hari. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Proteome Research melaporkan bahwa konsumsi dark chocolate 42 gram per hari dapat membantu menurunkan hormon stres dalam tubuh.

  1. Buat jurnal

Anda pasti memiliki banyak rencana yang ingin direalisasikan agar pernikahan impian dapat terwujud. Tapi, jangan simpan semua rencana itu dalam otak karena hanya akan membuat Anda kewalahan. Buatlah jurnal mengenai kebutuhan pernikahan mulai dari yang terpenting hingga hal yang sepele. Dengan begitu, Anda bisa mengurus kebutuhan pernikahan secara teratur.

  1. Jangan dipendam

Wajar bila Anda memiliki banyak kekhawatiran saat mempersiapkan keperluan pernikahan. Tapi, sebaiknya jangan dipendam. Jangan ragu untuk berbagi keluh kesah Anda pada pasangan dan keluarga. Bicaralah secara baik-baik sehingga bila ada perbedaan pendapat dapat didiskusikan bagaimana solusi terbaiknya. (RFZ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY