Memaksimalkan Manfaat Fitness di Gym

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Olahraga di rumah jika dilakukan secara tepat dan konsisten pada dasarnya dapat membakar lemak dan menurunkan berat badan. Tapi, untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, ada baiknya Anda fitness di gym. Dengan latihan di gym, Anda bisa berkonsultasi dengan trainer profesional sekaligus mendapatkan latihan yang tepat. Akan tetapi, latihan di gym saja tak menjamin hasil maksimal. Ada hal-hal yang lain yang harus diperhatikan agar Anda mendapatkan hasil fitness sesuai harapan.

Berikut adalah beberapa hal penting untuk memaksimalkan hasil fitness Anda:

Istirahat yang cukup

Tidur malam 7-8 setiap hari adalah keharusan. Tidur malam sangat penting agar tubuh dapat memproduksi hormon pertumbuhan yang cukup untuk melakukan mekanisme perbaikan dan pertumbuhan sel baru secara optimal. Istirahat antara hari latihan juga perlu jadi perhatian. Agar otot berkembang dengan baik, diperlukan istirahat 2-3 hari sebelum Anda melakukan sesi latihan berikutnya.

Cukupi nutrisi

Sebetulnya, Anda tidak perlu sampai diet ketat ketika sedang menjalankan program di gym. Kuncinya adalah nutrisi. Otot tidak akan berkembang maksimal jika tidak diimbangi asupan nutrisi yang tepat. Protein adalah salah satu nutrisi penting pendukung pertumbuhan otot. Tapi, sebaiknya pilih sumber protein yang rendah lemak, seperti daging tanpa lemak, ayam tanpa lemak, telur, dan quinoa.

Anda juga jangan menghindari karbohidrat karena merupakan sumber energi yang diperlukan saat latihan. Pilihlah karbohidrat kompleks yang akan membuat kenyang lebih lama dan energi pun tidak akan cepat habis. Karbohidrat yang tidak digunakan akan disimpan sebagai lemak. Karenanya, pada hari di mana Anda tidak latihan, asupan karbohidrat sederhana sebaiknya dikurangi. Selain protein dan karbohidrat, pembentukan otot juga perlu ditunjang lemak sehat yang bisa bersumber dari minyak zaitun, ikan berlemak, dan kacang seperti almond.

Minum banyak air putih

Tubuh membutuhkan konsumsi air yang cukup, terutama ketika Anda mengeluarkan banyak keringat. Minumlah air 8-12 gelas putih setiap hari agar cairan tubuh yang hilang dapat terisi kembali. Bila perlu bawalah botol berisi air putih setiap bepergian. Hindari minuman manis karena kandungan kalorinya yang tinggi bisa merusak hasil latihan Anda.

Buat catatan latihan

Catatlah latihan-latihan yang telah dilakukan. Anda bisa mencatat berat beban yang dipakai dan set hitungan di tiap latihan. Meskipun tampaknya sepele, tapi catatan ini dapat membantu Anda mengembangkan latihan ke tingkat yang lebih sulit.

Manfaat fitness di gym sebetulnya tak hanya membuat tubuh menjadi lebih berotot. Tetapi, menjadi latihan agar Anda terbiasa dengan gaya hidup sehat mengingat gaya hidup sehat perlu diterapkan untuk menunjang keberhasilan fitness. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here