Alasan Mengapa Buah Bit Dapat Mengobati Anemia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anemia adalah salah satu jenis penyakit yang paling sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi ini umumnya disebabkan sel darah merah tidak mengandung cukup hemoglobin sehingga jumlah sel darah merah menjadi rendah dan pada gilirannya menyebabkan kekurangan darah. Anemia, terutama karena kekurangan zat besi, seringkali diobati dengan suplemen zat besi. Tapi, sebetulnya ada cara yang lebih alami, yaitu dengan rutin mengonsumsi buah bit.

Buah bit sudah populer sejak lama sebagai obat ampuh untuk anemia. Ini karena kandungan zat besi di dalamnya yang tinggi. Zat besi sendiri merupakan komponen penting dalam produksi hemoglobin, yang merupakan bagian dari sel darah merah yang memberi warna merah pada darah dan memungkinkan sel darah merah membawa darah beroksigen ke seluruh tubuh.

Selain zat besi, buah bit juga merupakan sumber folat yang baik. Kekurangan folat juga dapat menyebabkan anemia. Kadar folat yang rendah dapat menyebabkan anemia megaloblastik. Pada kondisi ini, sel darah merah menjadi lebih besar dari biasanya dan jumlahnya pun lebih sedikit. Selain itu, bentuk sel darah merah juga tidak bundar melainkan oval, dan terkadang ketahanannya tidak sebaik sel darah normal.

Buah bit juga mengandung vitamin C. Vitamin ini membantu dalam penyerapan zat besi. Karenanya, bila asupan zat besi tidak diimbangi vitamin C yang memadai, penyerapannya bisa tidak optimal. Tak hanya itu saja, buah bit juga memiliki kandungan belatains. Fitonutrien ini merupakan antiradang dan antioksidan, serta dapat membantu detoksifikasi. Dengan mengonsumsi buah bit, Anda juga mendapatkan asupan serat, vitamin A, kalium, mangan, magnesium, dan niasin. Berkat nutrisi-nutrisi yang dimilikinya, buah bit ini tak hanya diperuntukkan untuk mereka yang menderita anemia, tapi untuk siapa saja yang ingin menjaga kesehatan.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah bit, Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dijus. Jus bit sebaiknya dikonsumsi tanpa tambahan gula. Untuk menambah rasa dan membuatnya lebih sehat, Anda bisa mengombinasikan buah bit dengan wortel, apel, rasberi, stroberi, atau buah lain yang Anda suka. Khusus untuk Anda penderita anemia, rutinlah minum satu gelas jus bit setiap hari.

Buah bit juga aman dikondumsi dalam keadaan mentah. Buah bit mentah yang telah dipotong-potong dapat ditambahkan ke dalam salad. Tapi, jika bit mentah tidak sesuai selera Anda, buah bit bisa direbus terlebih dahulu dengan tambahan sejumput garam dan perasan air lemon. Buah bit rebus ini bisa dikonsumsi sebagai camilan bersama buah atau sayuran lainnya. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here