Alasan Mengapa Dilarang Minum Kopi Dalam Keadaan Perut Kosong

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tahukah anda mengapa dilarang minum kopi jika perut anda kosong? Kebiasaan minum kopi di pagi hari adalah kebiasaan yang buruk untuk kesehatan, tapi banyak orang yang menjadikan itu seperti tradisi yang tidak terlewatkan bagi sebagian orang, beberapa orang bahkan bisa tidak serapan dan hanya menyeruput secangkir kopi sebelum mereka berangkat kerja atau keluar rumah. Tapi perlu anda ketahui minum kopi dalam keadaan perut kosong dapat berdampak negatif bagi kesehatan seperti :

  1. Meningkatkan asam lambung

Salah satu masalah yang timbul dari kebiasaan anda minum kopi di pagi hari dalam keadaan perut kosong yaitu meningkatkan asam lambung. Asam lambung dalam tubuh anda  berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan, tetapi asam lambung jika memiliki sifat korosif yaitu pengahancur yang dapat merusak lambung anda. Kopi memiliki kandungan salah satu zat kafein yang dapat meningkatkan kinerja produksi asam lambung anda sehingga dapat menimbulkan penyakit Maag.

  1. Lebih mudah stres dan gelisah

Bagi anda yang menjadikan minim kopi di pagi hari sebuah tradisi umumnya akan mengalami suatu kegelisahan, stress bahkan menimbulkan prubahan suasana hati anda. Lantaran pada pagi hari tingkat hormon serotonin (Hormon pemicu kebahagiaan) yang diproduksi oleh otak dalam keadaan rendah. Oleh sebeb itu para dokter sangat menganjurkan untuk makan terlebih dahulu sebelum meminum kopi agar mengurangi efek stress dan gelisah yang ditimbulkan oleh kopi pada pagi hari.

  1. Menekan produksi Hormon kortisol

Hormon kortisol dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, karna dimana berfungsi sebagai alarm alami yang dapat membantu anda bangun tidur pada pagi hari dan membuat anda merasa ngantuk pada malam hari. Jadi jika anda kebiasaan minum kopi saat perut kosong di pagi hari sangat tidak dianjurkan karena meyebabkan menurunnya produksi Hormon Kortisol anda dan lebih bahaya jika menimbulkan efek ketergantungan pada kafein sebagai penghilang rasa ngantuk anda.

Pada pagi hari jika anda ingin tetap menikmati kopi sebagaiknya disarankan untuk makan terlebih dahulu makana makanan  padat sebelum anda menikmati kenikmatan secangkir kopi atau bisa juga anda menambahkan susu atau mentega dalam kopi anda yang berguna untuk mengurangi efek kafein saat perut anda dalam keadaan kosong.

Sebenarnya  minum kopi juga bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh, namun jika minum kopi saat perut kosong merupakan salah satu jalan untuk merusak usus perut anda. Tidak dapat dipungkiri bahwa kopi merupakan sumber penting dari antioksidan dan kopi juga terbukti efektif untuk mencegah berbagai penyakit ganas, seperti kanker usus besar. Sifat antioksidan dari kopi adalah hasil dari asam klorogenant yang ditemukan dalam buah-buahan. Para ahli bersepakat, kopi dapat berdampak buruk bila diminum ketika perut kosong.

Minum kopi dalam kedaan perut kosong dapat  menyebabkan protein terjabak dalam tubuh dan dapat menyebabkan suatu masalah dalam kesehatan anda seperti kembung dan iritasi atau radang usus. Telah terdapat Penelitian yang menyimpulkan bahwa kopi lebih baik diminum setelah sarapan, minimal Anda sudah mengonsumsi sepotong roti satu jam setelah bangun tidur. Satu jam kemudian, perut Anda dalam keadaan aman untuk mengonsumsi kopi. Semoga bermanfaat. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here