Apakah Kekurangan Vitamin E Dapat Menyebabkan Keguguran (Abortus)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Vitamin E merupakan salah satu bagian yang penting untuk dapat memastikan organ tubuh berfungsi dengan baik, terutama untuk kulit, mata dan sistem kekebalan tubuh anda. Vitamin yang ditemukan dalam banyak sayuran ini merupakan antioksida yang memperlambat kekrusakan sel. Kekurangan vitamin E jarang ditemui tetapi jika memang anda kekurangan vitamin E itu dapat menjadi dampak yang berbahaya.

Vitamin E adalah salah satu vitamin yang lalrut dalam lemak yang paling penting untuk kesehatan tubuh anda. Kekurangan vitamin E dalam jangka panjang dapat berakibat fatal, terutama pada wanita Hamil.

Kekurangan vitamin E pada ibu hamil

Wanita hamil biasanya hanya mengkonsumsi sumplemen asam folat dan zat besi untuk menjaga kehamilannya. Ditemukan dalam sebuah penelitian bahwa wanita hamil yang kekurangan vitamin E lebih berisiko mengalami keguguran. Sementara dalam penelitian lain bahwa vitamin E berperan penting untuk melindungi embrio dan janin dalam kandungan.

Kondisi ini memang dapat diperbaiki dengan mengkonsumsi suplemen pada kehamilan yang mengandung vitamin E. Bahkan vitmin E ini disarankan untuk di berikan sebelum kehamilan terjadi di usia produktif, karena pada awal kehamilan  kejadian kegugur sering terjadi. Jika memberikan dosisi vitamin E tidak hanya sembarangan harus berkolaborasi dengan dokter atau tenaga medis lainya.

Gejala resiko kekurangan Vitamin E

Kekurangan vitamin E bisa terjadi tidak hanya untuk dikonsumsi, tetapi juga dalam penyerapannya. Penyerapan vitamin E dalam Tubuh tergantung pada kesehatan empedu dan organ pankreas. Pembentukan lemak dan penyerapan pada saluran cerna. Kekurangan vitamin E dapat terjadi jika prosesnya terganggu.

Orang dengan kekurangan vitamin E mungkin mungkin menunjukkan gejala Hyporpphosis yang berkembang menjadi ataksi. Hiporefeksi adalah suatu kondisi ketika respon refleks seseorang menurun atau bahkan  tidak merespron stimulus tertentu. Sedangkan antaksia adalah kelainan kontrol atau koordinasi otot untuk melakukan gerakan yang disengaja misalnya berjalan. Jika kekurangan vitamin E parah atau terjadi dalam jangka panjang, penderita penyakit ini bisa mengalami demensia, aritmia atau detak jantung beraturan), dan kemungkinan dapat menyebabkan kebutaan lengkap. Menurut penelitian vitamin E dan nutrisi lainnya dapat membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan penyakit terkait usia mata (age-related  mencular degeneration/ AMD).

Kekurangan vitamin E dapat terjadi pada seseorang yang mengalami:

  1. Mengurangi kapasitas usus untuk menyerap lemak dari penyakit Crohn, menjalani prosedur pembedahan atau cystic fibrosis. Pada cystic fibrosis, gangguan produksi enzim pankreas, yang menyebabkan steatorrhea atau lemak dalam tinja karena tidak dapat diserap oleh saluran pencernaan.
  2. Diet sangat rendah lemak.
  3. Kelainan genetik tertentu, seperti abetalipoproteinemia yang dapat menyebabkan stator rheumatoid arthritis sejak lahir, ataksia progresif, kelainan retina, serta gangguan sel darah merah.
  4. Bayi prematur, bayi yang beratnya terlalu rendah.
  5. Sindrom usus pendek Gangguan yang terjadi  akibat dari prosedur pembedahan, gangguan usus atau usus Gangguan trombosis darah akibat penggumpalan darah yang terjadi pada satu atau lebih pembuluh darah.

Kekurangan vitamin E juga dapat  diatasi dengan melengkapi setelah diagnosis dokter. Pemberian vitamin E dengan suntikan diperlukan bila seseorang tidak dapat meminumnya secara oral atau dengan suplemen yang diminumnya.

Secara umum, bila diobati segera, kekurangan vitamin E juga dapat dipulihkan. Tetapi jika sudah mencapai stadium lanjut, pasien mampu merespon terapi lebih terbatas dan berisiko mengalami komplikasi serius. Pada orang berisiko, ada kekurangan vitamin E, perlu memeriksa secara teratur kadar vitamin E, serta penelitian fisik dan neurologis atau ada gangguan lainnya. Karena itu, penting untuk menjaga asupan makanan yang mengandung vitamin E sehingga tubuh tidak kekurangan vitamin penting ini. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here