Turunkan Berat Badan dengan Banyak Minum Air Putih

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Cairan sangat dibutuhkan oleh tubuh karena 70% yang ada di dalam tubuh kita berupa cairan. Seorang ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi air dalam sehari 8 sampai 10 gelas. Konsumsi air putih bukan hanya baik untuk metabolisme da konsentrasi, tatapi air putih juga berfungsi menurunkan berat badan. Menurut penjelasan ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) dr Budi Wiweko SpOG menyatakan untuk menurunkan berat badan yang utama adalah menurunkan konsumsi gula. Sedangkan banyak mengkonsumsi air putih bisa menurunkan konsumsi gula.

Alasan Mengapa Minum Air Putih Bisa Menjadi Alternatif Untuk Menurunkan Berat Badan?

  • Mengurangi rasa lapar. Minum air putih sebelum makan akan membuat anda merasa kenyang. Hal ini bisa menurunkan nafsu makan dan bisa membakar kalori sehingga rasa lapar yang anda fikirkan akan berkurang.
  • Air putih tidak mengandung kalori. Hampir seluruh jenis makanan dan minuman mengandung kalori terkecuali air putih. Apabila anda tidak ingin gemuk konsumsi air putih lebih banyak.
  • Air putih bisa membakar kalori. Air merupakan salah satu bahan baku untuk menghancurkan lemak. Enzym lipase bersama dengan air akan mengubah lemak menjadi energi. Minum air putih untuk menurunkan berat badan kemungkinan enzym lipase akan efektif mengubah lemak menjadi energi.
  • Meningkatkan energi. Air membantu proses penghancuran lemak sehingga tubuh akan otomatis lebih berenergi. Selain itu air berfungsi untuk semua proses metabolisme dan otak

Menurut peneliti dari University of Brimingham tahun 2015 menyatakan bahwa salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan minum air putih setengah liter setengah jam sebelum makan. Pernyataan tersebut menunjukan dari hasil penelitian yang mereka lakukan bahwa orang yang mereka teliti dilaporkan rata-rata mengalami penurunan berat badan sekitar 4,3 kg selama 12 minggu.

Bagi anda yang sedang melakukan alternatif menurunkan berat badan dengan menggunakan air putih untuk itu anda harus meningkatkan cakupan air putih yang harus anda lakukan dengan cara dibawah ini :

  1. Minumlah air putih segelas sebelum anda makan

Mengkonsumsi air putih sebelum anda melakukan aktivitas makan akan mempengaruhi pola makan anda lebih sedikit

  1. Konsumsi air putih sepanjang hari

Dengan mengkonsumsi air putih sepanjang hari akan membuat anda merasa kenyang dan mengurangi anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis, mengurangi anda untuk mengemil karena rasa kenyang yang di dapatkan dengan mengkonsumsi air putih.

  1. Kurangi dan ganti minuman manis dengan air putih

Daripada anda lebih memilih mengkonsumsi minuman bersoda, alkohol, minuman kemasan yang berasa manis, dan jenis minuman lainnya yang mengandung kalori lebih baik anda mengambil satu gelas atau satu botol minum air putih. Minuman manis mengandung glukosa. Glukosa akan di pecah menjadi karbohidrat. Hal ini sangat jelas apabila anda sering meminum minuman manis maka anda akan sulit untuk menurunkan berat badan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here