Alasan yang Membuat Remaja Menggunakan Narkoba

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Narkoba merupakan zat aktif yang dapat mengakibatkan seseorang yang menggunakannya mengalami ketergantungan. Hal ini yang menyebabkan narkoba termasuk ke dalam kategori obat yang keras dan berbahaya jika tidak berdasarkan resep dokter dan di konsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Narkoba terbagi menjadi 3 jenis diantaranya narkotika golongan 1, golongan 2 dan golongan 3. Jenis narkotika golongan 1 dan golongan 2 pada umumnya tidak digunakan dalam pengobatan hanya digunakan dalam penelitian untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Sedangan narkoba golongan 3 biasanya digunakan untuk pengobatan medis akan tetapi harus menggunakan resep dokter.

Narkoba memiliki dampak yang cukup fatal pada penggunanya sehingga narkoba dilarang untuk dikonsumsi dengan sembarangan. Akan tetapi faktanya narkoba masih disalahgunakan dan dikonsumsi oleh seseorang bahkan dikalangan anak-anak dan remaja. Hal ini tentu didasari oleh sebuah alasan atau penyebabnya. Berikut ini beberapa alasan atau pemicu yang menyebabkan remaja menggunakan narkoba, antara lain :

  1. Mencari pengalaman

Masa remaja pada umumnya anak akan mencari jati diri dan ingin melakukan banyak hal agar memiliki banyak pengalaman. Hal ini yang membuat anak remaja memilih untuk menggunakan narkoba karena ingin mengetahui rasanya.

  1. Faktor individu

Faktor individu yang menyebabkan remaja mengkonsumsi narkoba, antara lain :

  • Rasa percaya diri yang kurang dan ingin dianggap lebih bergaya.
  • Tidak bisa mengelola masalah yang sedang dialami.
  • Memiliki ikatan dengan gen.
  • Menganggap dirinya dewasa sehingga ingin membuat suatu tantangan yang beresiko.
  • Menghilangkan rasa sakit, ceman dan bosan dengan sikap pemberontakan dan kehebatan serta kekuasaan.
  • Faktor keluarga.

Kurangnya kontrol keluarga dalam menjaga dan mendidik anak salah satu pemicu yang menyebabkan remaja menggunakan narkoba. Selain itu kurangnya penerapan kedisiplinan dan tanggungjawab dari orangtua menjadi pemicu juga.

  1. Faktor lingkungan

Kehidupan masyarakat individualisme akan membuat masyarakat tidak peduli terhadap seseorang sehingga apabila ada seseorang yang mengalami masalah seringkali diabaikan dan tidak memberikan dukungan. Selain itu pengaruh dari teman juga dapat menjadi pengaruh remaja menggunakan narkoba.

  1. Faktor pendidikan

Penyalahgunaan narkoba yang terjadi pada remaja dapat terjadi disekolah. Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya pengetahuan siswa-siswi akan bahaya yang ditimbulkan oleh narkoba. Sehingga tiap sekolah dapat memberikan penyuluhan mengenai narkoba.

  1. Faktor populasi yang rentan

Populasi atau kumpulan seseorang dapat menjadi salah satu pemicu yang menyebabkan remaja menggunakan narkoba.

Narkoba tentu memiliki dampak yang cukup besar sehingga perlu dilakukan penanganan segera pada remaja tersebut. Orangtua memiliki peranan penting pada anaknya untuk menjaga dan merawat anak. Selain itu pemerintahan juga memiliki tanggungjawab untuk memberikan pengamanan agar narkoba tidak tersebar dan setiap sekolah mendukung hal ini dengan memberikan ilmu pengetahuan mengenai narkoba. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here