Tips Diet Menjelang Pernikahan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Persiapan sebelum menikah harus dilakukan dengan matang. Mungkin keperluan utama sudah terpenuhi dengan baik, tapi tetap saja perlu mempersiapkan hal lain. Ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan menjelang pernikahan, termasuk penampilan.

Tidak jarang calon pengantin melakukan diet untuk menurunkan berat badan, agar bisa tampil dengan tubuh yang ideal dan menawan di hari istimewa. Namun, diet menjelang pernikahan tidak bisa dilakukan sembarangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diet menjelang pernikahan sebenarnya hal yang umum.

Namun, beberapa orang justru melakukan diet yang salah, seperti melakukan diet terlalu ketat atau mengonsumsi pil diet untuk menurunkan berat badan secara cepat dan mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan, kamu malah berisiko jatuh sakit. Melakukan diet jelang pernikahan untuk menurunkan berat badan idealnya dilakukan 6 bulan sebelum pernikahan, dengan variasi olahraga kardio dan olahraga untuk melatih kekuatan.

Hal ini bermanfaat untuk membuat tubuh tetap sehat, ketika menjalani diet. Calon pengantin tidak disarankan untuk melakukan diet ketat atau mengonsumsi pil diet menjelang pernikahan, sebab dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Diet semacam itu bisa menyebabkan tubuh lemas, diare, sembelit, jantung berdebar-debar dan kulit tampak tidak sehat.

Selain itu, melakukan diet ketat atau menggunakan pil diet juga dapat meningkatkan risiko berat badan berkurang secara drastis. Selain berat badan akan mudah untuk  naik lagi, penurunan berat badan secara drastis dengan diet ketat dapat berbahaya karena tubuh akan kekurangan nutrisi. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk melakukan diet jelang pernikahan yaitu :

  1. Konsumsi buah dan sayur

Mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat memang merupakan hal penting saat melakukan diet jelang pernikahan. Buah dan sayur dapat membantumu mengurangi berat badan, sekaligus bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Kamu juga bisa mengonsumsi buah dan sayuran sebagai pilihan camilan sehat.

  1. Makan dengan porsi sedikit

Untuk mengurangi risiko berat badan bertambah menjelang pernikahan, kamu juga bisa mengonsumsi makanan dengan porsi yang lebih sedikit, namun frekuensinya lebih sering. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kestabilan metabolisme tubuh dan mencegahmu mengalami lapar yang berlebihan.

  1. Cukupi kebutuhan cairan

Laki-laki dewasa membutuhkan 3,5 liter air per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan. Sedangkan perempuan dewasa membutuhkan 2,5 liter per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan. Selain dapat membantu penurunan berat badan, mencukupi kebutuhan cairan juga bermanfaat untuk membuat kulitmu lebih sehat dan cantik, sehingga kamu bisa tampil menawan di hari bahagia.

  1. Lakukan olahraga rutin

Melakukan olahraga secara rutin bermanfaat untuk membantumu mengurangi berat badan, mengurangi risiko terjadinya penyakit berbahaya, dan membuat suasana hati (mood) lebih baik. Bila kamu belum terbiasa olahraga, jangan memaksakan diri untuk langsung melakukan olahraga yang berat. Mulailah dengan berjalan kaki selama 30 menit sehari, sebanyak tiga kali dalam seminggu. Lalu tingkatkan intensitas olahraga secara bertahap. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here