Alihkan Rasa Haus dan Lapar dengan Membuat Kue Lebaran Bersama Anak

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berbagai cara bisa dilakukan orangtua dalam mengalihkan rasa haus dan lapar anak ketika menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Satu kegiatan yang mungkin bisa dipraktikan adalah membuat kue lebaran bersama-sama. Selain dapat mengalihkan rasa lapar atau haus, membuat kue bersama juga bisa meningkatkan hubungan harmonis antara anak dengan orangtua.

Rasa lapar dan haus anak selama puasa harus diatasi

Anak yang baru belajar melaksanakan ibadah puasa pasti akan mengalami banyak kendala. Mulai dari kesulitan bangun pagi untuk makan sahur, tidak mampu menahan rasa haus, tidak mampu menahan rasa lapar, hingga mengalami sakit.

Kendala-kendala di atas merupakan hal yang wajar dan bisa mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Orangtua juga harus memberikan perhatian penuh bagi anak-anaknya yang sudah mulai berlatih puasa. Lantas apa yang harus dilakukan untuk mengalihkan rasa haus dan lapar anak?

Berbagai aktivitas bisa dilakukan orangtua untuk mengalihkan rasa haus dan lapar anak. Misalnya saja memerintahkan anak untuk tidur, mengajarkan anak mengenai nilai-nilai Keislaman, mengajarkan anak praktik sholat, mengajarkan anak membaca Al Quran, berjalan santai di sore hari, memerintahkan anak membaca buku, hingga membuat kue bersama.

Intinya aktivitas yang dilakukan untuk mengalihkan rasa haus dan lapar anak jangan sampai mengeluarkan stamina yang berat. Pilih aktivitas yang ringan-ringan, namun membuat anak menjadi senang. Dengan demikian anak akan sejenak melupakan rasa haus dan lapar yang muncul selama berpuasa.

Membuat kue untuk mengalihkan rasa haus dan lapar anak

Menjelang Hari Raya Idul Fitri sebagian masyarakat pasti sibuk dalam aktivitas membuat kue. Ada yang tujuannya untuk dijual, namun ada pula yang tujuannya untuk dikonsumsi sendiri. Jika diamati, aktivitas membuat kue ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa lapar dan haus pada anak ketika berpuasa.

Membuat kue dengan melibatkan anak, akan memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman yang seru. Menghabiskan waktu berpuasa di dapur sambil membuat kue, bisa mengalihkan rasa haus dan lapar anak. Selain itu membuat kue juga dapat mengasah kemampuan imajinasi anak.

Ketika bereksperimen dengan bentuk dan warna kue yang menarik, anak pasti merasa sangat senang. Agar lebih menantang, orangtua bisa memberikan kesempatan penuh pada anak untuk membuat kue sendiri. Dengan ini anak akan mempunyai rasa percaya diri, sekaligus senang karena hasil karyanya dihargai.

Kue apa yang bisa dibuat bersama anak?

Berbagai kue lebaran bisa dicoba untuk dibuat orangtua bersama anak. Kue-kue sederhana yang bisa dibuat bersama anak diantaranya kue putri salju, kue nastar, kue bolu, dan kue-kue lainnya. Namun orangtua perlu jeli dalam memilih kue yang akan dibuat, karena janganlah yang terlalu sulit atau jangan pula yang terlalu membutuhkan bahan-bahan banyak. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY