Asap Rokok dapat Menyebabkan Pneumonia dan Keguguran

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang diketahui jika dampak asap rokok memang tidak hanya dirasakan oleh si perokok saja. Orang-orang yang berada di sekeliling perokok juga harus menanggung risikonya. Misalnya seperti wanita hamil yang bisa terkena dampak negatif, yakni menyebabkan keguguran.

Asap rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit

Secara umum aktivitas merokok dapat menyebabkan pneumonia. Pneumonia merupakan penyakit radang paru yang memiliki gejala batuk, demam, nyeri dada hingga kesulitan bernapas. Seseorang yang mengidap pneumonia apabila tidak segera diatasi, maka kondisi terburuknya bisa menyebabkan kematian.

Hasil studi ilmiah telah banyak membuktikan, jika asap rokok dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Jika dibandingkan orang dewasa, anak-anak memang lebih rentan terhadap bahaya asap rokok. Hal itu dikarenakan anak-anak masih dalam tahap perkembangan, sekaligus belum bisa mengontrol lingkungan.

Anak-anak yang mengalami kontaminasi asap rokok dalam jumlah besar, akan mempunyai resiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan kesehatan. Beberapa gangguan kesehatan yang akan dialami akibat menghirup asap rokok antara lain bisa mengalami flu, batuk, infeksi telinga, hingga terserang penyakit asma.

Sementara itu bayi atau anak yang berumur kurang dari 6 tahun apabila terkena asap rokok secara teratur, bisa beresiko mengalami infeksi saluran pernafasan seperti bronkitis. Khusus bagi bayi, asap rokok juga dapat meningkatnya resiko terjadinya Sindrom Kematian Mendadak (SIDS)

Bahaya asap rokok bagi ibu hamil dan janin yang dikandung

Wanita yang sedang menjalani masa kehamilan, dianjurkan untuk menghindari asap rokok karena bahaya yang mengancam. Wanita hamil apabila terkena asap rokok, maka nikotin yang dihirup akan mempengaruhi janin yang dikandungnya. Lantas apa bahayanya jika wanita hamil merokok atau sering menghirup asap rokok?

  1. Wanita hamil beresiko mengalami keguguran atau bayi meninggal ketika dilahirkan.
  2. Wanita hamil beresiko melahirkan bayi dengan berat badan kurang.
  3. Wanita hamil beresiko melahirkan bayi yang kemungkinan mengalami gangguan sistem pernafasan.
  4. Wanita hamil beresiko memiliki anak-anak dengan Sindrom Kematian Mendadak.

Apa bedanya asap rokok dari tangan kedua dengan asap rokok dari tangan ketiga?

Asap rokok dari tangan kedua merupakan asap rokok yang sedang menyala dan asap yang dihasilkan dari perokok. Sementara itu asap rokok dari tangan ketiga merupakan sisa asap pembakaran tembakau yang masih tertinggal saat rokok sudah dipadamkan.

Baik asap rokok tangan kedua ataupun ketiga sama-sama berbahaya bagi tubuh. Pasalnya asap rokok memiliki kandungan gas dan partikel kecil, yang dapat tersimpan serta hinggap dimana saja. Bisa menghinggap di tangan, rambut, pakaian atau benda-benda sekitar.

Alhasil saat perokok telah menghabiskan sebatang rokok, bukan berarti bahaya asap rokok sudah hilang. Pasalnya asap rokok yang dikeluarkan ke udara dapat bersarang dimana-mana. Kondisi tersebutlah yang menyebabkan asap rokok harus dihindari, sekaligus menerapkan hidup sehat setiap hari. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY