Bahaya Bayi Tidur Tengkurep

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidur merupakan aktivitas yang disenangi oleh bayi dan menjadi aktivitasnya, karena seorang bayi masih belum mampu untuk melakukan aktivitas lain kecuali tidur dan makan. Bagi setiap bayi tidur yang sangat bermanfaat baginya selain untuk merangsang perkembangan otak tidur juga membantu hormon-hormon pertumbuhan dikeluarkan. Semakin nyenyak bayi tertidur pertumbuhan dan perkembangan otaknya akan maksimal, kelak dia besar mampu tumbuh dengan baik, oleh karena itu anda sebagai orang tua harus memperhatikan pertumbuhan anaknya untuk berhati hati memilih posisi tidur bagi bayi anda yang dalam masa pertumbuhannya.

Resiko yang mengganggu pernapasan bayi yang sangat tinggi, seperti sindrom bayi yang meninggal mendadak ketika tidur tengkurap, terbukti lebih tinggi dari beberapa penelitian salah satunya teori yang muncul jika bayi tengkurep akan memberi tekanan pada rahang bayi, sehingga akan mempersempit saluran pernapasan.

Teori yang lainnya mengatakan bayi dengan sindrom  tersebut menghirup kembali udara yang telah dikeluarkannya, hal ini akan berdampak buruk  karena membuat kadar oksigen pada tubuh bayi menurun, sementara karbondioksida akan meningkat. Akhirnya tubuh bayi akan menjadi kekurangan oksigen dan dapat memicu sindrom kmatian bayi mendadak.

Tetapi seiring perkembangan usia maka kemampuan bayi untuk mengendalikan tubuhnya juga akan meningkat. Pada usia lima bulan, bayi akan mulai untuk mencari posisinya agar nyaman dalam tidurnya, dan bayi akan berguling-guling, pada usia ini di perbolehkan untuk mengatur posisinya. Termasuk belajar tengkurap.

Bagaimana cara yang aman untuk menidurkan bayi anda, agar mencegah sindrom kematian bayi mendadak lainnya seperti:

  1. Pastikan kasur untuk bayi anda tidak terlalu empuk dan tidak menggunakan seprei yang panas. Jangan pernah menidurkan bayi anda di sofa, kursi, ataupun permukaan empuk lain.
  2. Jangan menaruh bantal yang terlalu banyak, selimut, boneka, dan jangan menggunakan bumper atau pelapis pada pinggiran tempat tidur bayi anda.
  3. Pastikan pakaian bayi anda nyaman tidak berlebihan. Disesuaikan dengan cuaca disekitar dan suhu ruangan rumah anda agar bayi anda tidak kehilangan suhu tubuhnya.
  4. Hindari bayi anda dari asap rokok atau asap lainnya yang dapat mengganggu pernapasan bayi anda.
  5. Di usahakan untuk menyusui bayi terlebih daahulu dan  memiliki banyak manfaat. Bukti ilmiah membuktikan sindrom kematian bayi mendadak menurun dengan proses i menyeusui bayinya. Alasan yang diduga para ahli karena ASI melindungi bayi dari infeksi yang meningkatkan risiko SIDS.
  6. Jika anda ingin memberikan dot atau empeng sebaiknya ketika bayi berusia satu bulan, untuk membantu bayi anda tertidur.Dot bayi tersebut diduga dapat menurunkan risiko SIDS. Namun, jika bayi menolak, jangan dipaksa.

Dalam menidurkan bayi dengan posisi yang nyaman sangatlah penting. Selain harus tetep waspada para orang tua juga harus memikirkan kenyamanan si kecil dan memperhatikan tempat tidur, atau pakaian yang bayi anda kenakan agar tidak menghambat pertumbuhan bayi anda dan mengganggu kenyamanannya. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here