Perbedaan Kepribadian (Personality Disorder) Schizoid dengan Avoidant

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Dahulu istilah ganguan kepribadian (Personality disorder) sering disebut sebagai Psychopathy, yang diartikan adanya kekurangan atau suatu gangguan dalam jiwa seseorang yang ditampilkan dalam prilaku sehari-hari. Dan terkadang juga disebut dengan sociopathy, karena yang diperhitungkan adalah prilaku yang menimbulkan atau memberikan dampak yang negatif terhadap orang lain atau masyarakat.

Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas tentang gangguan kepribadian Personality disorder Schizoid dan Avoidant. Ganguan-gangguaan tersebut menjadi masalah dalam kepribadian seorang remaja yang tidak mampu berperan terhadap dirinya dan tak mampu untuk berorganisasi dengan teman sejawatnya, mengalami kesendirian dan ketidak mampuannya percaya terhadap orang lain yang ada sekitarnya, kepribadian tersebut justru berdampak negatif untuk para remaja, dalam masa remaja mereka mencari jati diri mereka melakukan setiap kegiatan seperti remaja lain berorganisasi dengan teman-teman dan lingkungan sekitarnya. Kita akan ulas lagi apa itu Personality disorder Schizoid dan Avoidant

  1. Personality disorder (Schizoid) adalah ganguan kepribadian yang terjadi suatu rasa keterbatasan terhadap ekspresi emosi dan pengalaman seseorang atau bisa disebut juga gangguan kepribadian penyendiri. Seseorang yang mengalami gangguan ini tetap mampu melakukan kegiatan sehari-hari tetapi tidak dapat membnetuk suatu hubungan yang dekat dengan orang lain.
  2. Avoidant adalah suatu ganguan yang disebabkan oleh banyak hal yang dapat mengancam seseorang oleh berbagai macam faktor, menerut para peneliti jika kita melihat dari kaca mata teori kognitif kita akan mengrtahui bahwa seseorang dengan Avoidant cenderung memiliki keyakinan yang tidak sehat terhadap keberhargaan dirinya sendiri hal ini disebebkan karena seseorang tersebut telah ditolak dalam masa awal kehidupannya biasanya terjadi oleh keluarganya termasuk orang tuanya.

Jadi kesimpulannya ganguan kepribadian personality disorder Schizoid dan Avoidant yaitu ganguan yang menyerang para remaja dalam tidak mampu mereka untuk beradaptasi. Perbedaan ganguan kepribadian Personality Disorder Schizoid dengan Avoidant:

  • Ganguan Schizoid merupakan gangguan pola pikir yang khas dalam bahasa dan dalam persepsi akan tidak aktual, sehingga merusak komunikasi dan intraksi sosial. Sehingga mereka pun merasa tidak nyaman dalam membagun hubungan sosial dengan orang lain. Seseorang yang mengalami gangguan Schizoid mempunyai perbedaan dengan orang-orang lainnya perbedaan karakteristik ini tampak gajil dalam berfikir.
  • Ganguan personality disorder Avoidant yaitu gangguan yang ditandai oleh adanya ciri sensitif terhadap penilaian orang lain, sehingga sukar untuk menolak kehendak orang lain. Gangguan kepribadian Avoidant ini memiliki perasaan inadequacy dan pervasive mempunyai rasa ketakutan jika mendapatkan kritikan yang menyebabkan ia menjauhi hampir semua tipe interaksi sosial.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here