Bahaya dan Ciri Kosmetik yang Mengandung Merkuri

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Segala cara akan ditempuh setiap wanita untuk terlihat cantik, tidak terkecuali dengan menggunakan berbagai macam kosmetik. Namun perlu diketahui jika tidak semua kosmetik tersebut aman digunakan, terlebih yang mengandung merkuri.

Merkuri pada kosmetik sangat berbahaya karena termasuk logam berat. Efek samping yang bisa dialami wanita antara lain kerusakan pada kulit, kerusakan pada syaraf, bahkan dapat mengakibatkan penyakit ginjal dan kanker. Sekecil apapun merkuri yang masuk ke tubuh seseorang, maka dapat mengakibatkan racun.

Merkuri apabila dioleskan dan diserap oleh kulit, maka masuk ke peredaran darah. Efek samping yang bisa langsung dialami adalah terjadinya perubahan warna kulit. Perubahan yang muncul diantaranya kulit memerah, muncul bintik hitam, hingga iritasi. Sementara itu efek jangka panjang penggunaan merkuri antara lain rusaknya ginjal hingga dapat mengakibatkan kanker.

Seseorang yang telah terkontaminasi merkuri, apabila menghentikan pemakaian akan timbul beberapa perubahan di kulit. Perubahan tersebut antara lain akan timbul jerawat kecil yang diiringi rasa gatal, hingga bintik hitam. Krim merkuri juga bisa menyebabkan keracunan metabolisme tubuh, dengan gejala antara lain:

  1. Mengalami pusing.
  2. Mengalami mual-mual.
  3. Mengalami tremor (gemetar).
  4. Mengalami susah tidur.
  5. Mengalami gangguan penglihatan.
  6. Mengalami gangguan emosi.
  7. Mengalami lupa (pikun).

Ciri-ciri kosmetik yang mengandung merkuri

  1. Krim yang mengandung merkuri pada umumnya lengket.
  2. Krim yang mengandung merkuri juga terkandang encer, karena dicampurkan dengan bedak dingin (bedak jerawat).
  3. Krim yang mengandung merkuri pada umumnya tidak homogen (tidak menyatu & kasar). Maksudnya apabila didiamkan, minyak kecenderungannya akan terpisah dengan bagian yang padat.
  4. Krim yang mengandung merkuri memiliki bau yang menyengat.
  5. Krim yang mengandung merkuri biasanya memiliki warna yang sangat mencolok. Hal tersebut karena krim bermerkuri tidak memakai bahan pewarna kosmetik, sehingga menggunakan pewarna tekstil
  6. Krim yang mengandung merkuri apabila diusapkan pada kulit, terasa gatal atau panas.
  7. Krim yang mengandung merkuri dalam pemakaian awal bisa mengakibatkan Iritasi pada kulit serta kemerahan saat terkena cahaya matahari.
  8. Krim yang mengandung merkuri dapat mengubah kulit menjadi putih dalam waktu singkat.
  9. Krim yang mengandung merkuri kecenderungannya tidak menimbulkan jerawat sama sekali pada kulit. Hal ini diakibatkan lapisan kulit epidermis telah rusak. Kulit tidak lagi mengandung melanin atau protein yang berguna melindungi radiasi paparan matahari.
  10. Krim yang mengandung merkuri dapat membuat pori-pori tampak mengecil & halus. Hal tersebut diakibatkan lapisan kulit terluar wajah telah tipis karena tergerus logam merkuri.
  11. Krim yang mengandung merkuri tidak terlalu menganjurkan penggunaan krim pelindung lain di siang hari. Padahal pada produk yang benar, pemakaian di siang hari selalu menggunakan pelindung SPF. Hal tersebut agar kulit tidak iritasi seperti terakar. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here