Bahaya Dari Ketika Menahan Bersin

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika seseorang berkeinginan untuk bersin kemudian ia menahan rasa ingin bersin ini menjadi suatu resiko bahaya, beberapa orang mencoba menahan bersin dengan cara menekan hidung mereka sehingga rasa bersin itu menghilang, tetapi hal ini menjadi masalah yang serius jika dilakukan. Kecepatan bersin yang dimiliki manusia pada umumnya sekitar 161 km/jam, sehingga jika seseorang menahan untuk bersin maka tubuh anda harus menahan kecepatan tersebut secara tiba-tiba. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi fungsi tubuh dan menyebabkan kuman yang seharusnya dikeluarkan maka kuman tersebut malah kembali dimasukan.

Bersin yang ditahan akan mengakibatkan resiko yang berbahaya bagi tubuh kita, mungkin beberapa orang merasa tidak enak untuk bersin karena takut mengganggu orang-orang yang ada disekitarnya, atau karena kita tahu bersin dapat menyebarkan kuman. Namun disisi lain, menahan bersin bukan hanya pilihan yang tepat menurut penelitian mnahan bersin bisa berdampak buruk  bagi kesehatan  karena pada tubuh terutama pada mata terdapat pembuluh darah dibagian putih mata akan pecah, hal itu dapat menyebabkan memar pada bagian putih mata disekitar iris.

Jika seseorang menahan bersin akan beresiko  mengalami gangguan pendengaran atau vertigo karena tekanan udara yang masuk kedalam telinga dapat memecahkan gendang telinga cedera pada bagian dalam telinga.

Cedera pada bagian diafgragma maka pembuluh darah pada otak akan melemah dan dapat pecah karena peningkatan tekanan darah.

Pada kesimpulannya  bersin menjaga tubuh anda agar tetap sehat karena proses aktivitas ini merupakan bagian penting dari proses kekebalan tubuh, jika anda bersin maka anda akan membersihkan hidung anda dari bakteri atau virus.

Ketika anda mengalami tanda-tanda ingin bersin segera sediakan tisu dan lepaskan saja secara alami, anda tidak perlu malu karena karena terdapat banyak orang disekitar lingkungan anda, semua orang pasti akan bersin, jika anda bersin gunakanlah sapu tangan atau tisu untuk menutup mulut andaa, sekaligus meredam suara bersin anda.

Faktor-faktor yang membuat anda bersin seperti :

  1. Alergi, bersin karena alergi disebabkan oleh kutu, tungau atau ketombe dan bisa juga karena debu.
  2. Pilek, bersin merupakan salah satu tanda bahwa anda terkena pilek.
  3. Mencabut alis, salah satu cara ini dapat menjadi pemicu anda untuk bersin karena memicu saraf pada wajah kepada reaksi bersin.
  4. Olahraga, saat berolahraga anda akan bernafas secara berlebihan (hiperventilasi). Hasilnya hidung dan mulut akan mulai mengering. Hal ini akan membuat hidung lebih sensitif.
  5. Menghirup bahan dapur termasuk lada , saat anda menghirup lada seketika anda akan bersin. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here