Risiko yang Terjadi Ketika Ibu Hamil Mengonsumsi Kopi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika wanita hamil pasti ada keinginan untuk mengonsumsi makanan atau minuman tertentu yang biasanya disebut dengan ngidam. Saat ngidam anda bisa saja ingin minum kopi yang banyak atau sering. Meski terlihat sederhana, perlu anda ketahui bahwa kopi ini salah satu minuman terfavorit di dunia. Bahkan tiap tahunnya ada lebih dari 400 milyar cangkir kopi yang dikonsumsi oleh orang-orang. Jadi tidak menutup kemungkinan ibu hamil juga ingin minum kopi.

Seiring dengan isu ibu hamil juga suka minum kopi maka banyak sekali yang bertanya apakah meminum kopi saat hamil akan berisiko pada kehamilannya. Seperti yang kita ketahui bahwa orang yang tidak hamil saja bisa mendapatkan risiko dari kopi seperti kecemasan, insomnia, jantung berdetak kencang, gangguan pencernaan dan tremor. Jadi wanita hamil juga ada kemungkinan berisiko jika meminum kopi terlalu sering.

Alasan meminum kopi terlalu sering pada wanita hamil berisiko karena ada banyak kandungan berbahaya pada kopi seperti kafein, putrescine, ethypenol, quinic acid, dimethyl disulfide, acetylmethylcarbino, trigonelline dan niacin. Selain kandungan berbahaya, alasan lainnya kafein dalam kopi juga dapat dengan mudah menembus plasenta ibu hamil dan bisa berdampak pada detak jantung bayi. Lalu apa saja kah risiko yang dialami ibu hamil yang mengonsumsi kopi?

Berikut beberapa risiko yang dapat terjadi pada ibu hamil yang mengonsumsi kopi:

  1. Keguguran

Keguguran merupakan hal yang paling dihindari oleh ibu hamil. Namun jika anda terlalu sering minum kopi maka risiko keguguran dapat terjadi sebab kandungan kafein dalam kopi dapat menimbulkan rasa panas pada rahim sehingga bayi yang usia muda akan mudah mengalami keguguran.

  1. Bayi lahir dengan berat badan yang rendah

Salah satu indikator bayi yang kurang sehat adalah berat badannya yang kurang atau rendah. Penyebabnya sama yaitu karena kafein. Kafein dalam kopi dapat bekerja menyerap gizi ibu hamil yang seharusnya diberikan kepada janin. Alhasil janin kekurangan gizi dan lahir dengan berat badan yang rendah.

  1. Kelahiran mati

Kopi bisa memiliki efek berbahaya seperti secara perlahan janin mati di dalam kandungan, sehingga tanpa anda ketahui bayi lahir dengan sudah tidak bernyawa karena terkontaminasi zat berbahaya dalam kopi.

  1. Lahir prematur

Risiko lainnya yang didapat oleh ibu hamil yang sering mengonsumsi kopi adalah janinnya lahir prematur. Lahir prematur adalah bayi lahir sebelum usianya genap 38 minggu.

  1. Sesak nafas

Bayi bisa saja terkena sesak nafas saat masih di dalam kandungan karena efek kopi. Penyakit tersebut dalam berlanjut saat bayi sudah dilahirkan. Tidak hanya sesak nafas, asma juga bisa terjadi.

  1. Gangguan jantung

Ada beberapa penyakit jantung memang bawaan dari saat hamil atau keturunan. Konsumsi kopi saat hamil juga berkontribusi bayi mengalami gangguan jantung karena sifatnya yang dapat meningkatkan detak jantung bayi.

Itulah risiko bagi ibu hamil yang mengonsumsi kopi selama masa kehamilannya. Bagi anda yang memang hobi minum kopi, mungkin anda bisa mengurangu frekuensinya atau bahkan akan lebih baik untuk tidak minum kopi dahulu selama kehamilan sehingga keadaan anda dan bayi akan aman. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here