Bahaya Memakai Pantyliner Setiap Hari

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap wanita mempunyai pilihannya masing-masing dalam menjaga kesehatan organ intim. Banyaknya produk kewanitaan membuat kaum hawa harus tepat dalam memilih model yang terbaik bagi Miss V. Salah satu produk yang kini banyak dijual di pasaran adalah pantyliner.

Pantyliner memiliki bentuk hampir mirip pembalut, hanya saja ukurannya yang lebih kecil. Dengan alasan tertentu, kini banyak wanita yang menggunakan pantyliner setiap hari. Namun apakah pantyliner aman untuk digunakan setiap hari?

Apa perbedaan pembalut dan pantyliner?

Pantyliner dan pembalut adalah produk kewanitaan yang dibuat dari sintetis atau kapas asli. Kedua produk kewanitaan itu dapat menyerap cairan yang keluar dari vagina, seperti darah menstruasi atau cairan lainnya. Meski keduanya mempunyai bahan dan bentuk yang serupa, namun sifat dan fungsi kedua produk itu berbeda.

Pembalut memiliki ukuran lebih besar, sehingga daya serapnya lebih tinggi daripada pantyliner. Oleh karena itu pembalut lebih cocok untuk digunakan sebagai penyerap darah haid, ketika dalam kondisi sedang keluar banyak.

Sementara itu pantyliner yang memiliki ukuran lebih kecil dan tipis, daya serapnya lebih sedikit. Oleh karena itu pantyliner tidak cocok digunakan saat darah menstruasi sedang keluar banyak. Pantyliner umumnya digunakan sebelum atau hari terakhir menstruasi, ketika vagina menghasilkan flek.

Mengapa wanita memakai pantyliner setiap hari?

Wanita memiliki berbagai alasan kenapa memakai pantyliner setiap hari. Kebanyakan di antara wanita yang terbiasa memakai pantyliner karena memiliki produksi cairan yang berlebihan pada vagina.  Cairan pada vagina itu akan menyebabkan pakaian dalam menjadi lembap, sehingga tidak nyaman digunakan.

Oleh karena itu wanita memakai pantyliner untuk menyerap cairan vagina, sekaligus menjaga celana dalam agar bebas noda dan tetap kering. Memakai pantyliner setiap hari dianggap sebuah solusi untuk mengatasi keluarnya cairan dari vagina.

Di satu sisi beberapa wanita juga mempunyai masalah keluarnya bercak darah dengan tidak teratur. Hal tersebut dapat terjadi, bahkan ketika wanita tidak sedang menstruasi. Bercak darah yang tidak bisa diprediksi inilah, membuat wanita menggunakan pantyliner setiap hari.

Alasan lain wanita harus memakai pantyliner setiap hari adalah inkontinensia urin atau keinginan untuk buang air kecil yang berlebihan. Guna mencegah tak tertahannya urin, beberapa wanita akhirnya memilih untuk memakai pantyliner.

Ini risikonya memakai pantyliner setiap hari

Tapi tahukah jika menggunakan pantyliner setiap hari dapat menimbulkan resiko? Tidak dipungkiri jika perdebatan soal penggunaan pantyliner kerap muncul di permukaan. Namun jika wanita memakai pantyliner dengan tidak bijak setiap hari, setidaknya ada dua resiko yang bisa muncul.

Pertama bisa menyebabkan iritasi pada vulva atau bagian luar vagina yang bergesekan dengan pantyliner. Hal itu dikarenakan pantyliner yang dijual di pasaran, umumnya tidak terbuat dari 100% bahan katun. Akibatnya pantyliner yang bergesekan dengan kulit, dapat menyebabkan iritasi.

Resiko kedua yang bisa saja terjadi adalah infeksi vagina. Pasalnya vagina akan sehat apabila dapat bernapas, sekaligus mendapat sirkulasi udara secara teratur. Sementara pantyliner tidak mampu menciptakan sirkulasi udara di area vagina, karena umumnya pada bagian bawah terbuat dari plastik. Akibatnya vagina bisa lembap, sehingga jamur dan bakteri mudah berkembang. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY