Bahaya Mengonsumsi Teh Hijau Bagi Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Teh hijau dianggap minuman yang menyehatkan karena banyak mengandung zat anti oksidan di dalamnya. Bagi sebagian wanita, teh hijau juga dinilai dapat menurunkan berat badan serta menjaga kecantikan wanita. Namun, bagi ibu hamil, jangan sembarang mengonsumsi teh hijau, lho!

Minuman teh sendiri diproses melalui pengolahan daun teh hingga akhirnya bisa dinikmati dengan cara diseduh sebagai minuman. Entah dijadikan minuman hangat ataupun minuman dingin dengan dicampur es, teh memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak orang gemar mengonsumsinya. Salah satu jenis teh yang bisa dikonsumsi adalah teh hijau.

Sayangnya, teh hijau tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi oleh ibu hamil. Seorang peneliti epidemiologi kanker di UCLA dan University of Maryland Medical Center Dr. Zuo Feng Zhang merekomendasikan ada baiknya untuk mengonsumsi teh hijau hanya satu sampai dua cangkir setiap harinya. Ini berlaku baik bagi wanita yang tengah mengandung maupun masyarakat pada umumnya.

Lantas, mengapa mengonsumsi teh hijau lebih dari dua cangkir berisiko bagi ibu hamil?

  • Mempengaruhi kadar asam folat

Banyak meminum teh hijau ternyata bisa mengurangi kadar asam folat di dalam tubuh ibu hamil. Padahal, asam folat sangat penting untuk perkembangan bayi dalam rahim. Kekurangan asam folat akan mengakibatkan cacat tabung saraf pada bayi.

  • Meningkatkan kadar kafein

Kafein yang terlalu tinggi bisa menyebabkan ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi. Ternyata, di dalam teh hijau juga terdapat kafein, walaupun tidak sebanyak kopi.

  • Mempengaruhi penyerapan zat besi

Terlalu banyak minum teh hijau juga bisa mempengaruhi penyerapan zat besi yang diserap dari makanan daging dan sayuran. Padahal, ibu hamil sangat membutuhkan zat besi untuk perkembangan janinnya. Ini ada kaitannya dengan anemia. Ibu hamil cenderung mengalami anemia di masa kehamilan mereka. Jika demikian, maka kebutuhan akan zat besi akan semakin meningkat. Ada banyak sekali makanan yang mengandung zat besi, seperti bayam, daun singkong, alpukat, jengkol, petai dan lain sebaginya. Anemia perlu diperhatikan secara serius karena anemia bisa menjadi salah satu penyebab datangnya penyakit yang lebih serius, seperti bayi terlahir prematur (bayi lahir kurang bulan) atau bahkan keguguran.

  • Berat badan bayi rendah

Berat badan bayi akan mengalami penurunan ketika ibu hamil terlalu banyak minuim teh hijau. Hal ini dipengaruhi kadar kafein yang ada di dalam teh hijau.

  • Dehidrasi

Kafein bersifat diuretik pada tubuh sehingga peningkatan konsumsi teh hijau membuat Anda sering buang air kecil. Lambat laun, tubuh menjadi dehidrasi. Jika tak diimbangi dengan minum air putih yang cukup banyak, ibu hamil akan mengalami dehidrasi parah. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY