Traveling Aman dan Nyaman Bersama Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jalan-jalan atau traveling bersama keluarga memang menyenangkan. Namun, sebagian orang akan berpikir kembali bila mengajak anak. Di benak mereka, traveling bersama anak bisa merepotkan. Padahal, kalau bisa merencanakannya dengan baik justru Anda akan mendapatkan liburan yang jauh lebih berkualitas.

Sebagai orangtua, mari kita wujudkan traveling yang menyenangkan bagi anak-anak sekaligus tidak merepotkan bagi orang-orang di sekelilingnya. Nah, berikut adalah beberapa tips traveling aman dan nyaman bersama anak:

  • Jaga kesehatan

Jangan sampai anak-anak justru demam atau sakit selama di perjalanan sehingga traveling yang rencananya mau menikmati kegembiraan malah berganti kekhawatiran. Jika akan bepergian, maka penting bagi orangtua untuk mempersiapkan fisik anak agar tetap fit selama traveling.

  • Pilih tujuan yang ramah anak

Meskipun Anda mungkin tertarik untuk hiking atau berarung jeram, coba deh alihkan tujuan liburan Anda yang lebih kid friendly. Selain bisa dinikmati oleh si kecil, tujuan wisata yang ramah anak juga bisa meminimalisir anak kelelahan dan jatuh sakit. Akan tambah merepotkan kalau si kecil sakit saat traveling, bukan?

  • Siapkan perlengkapan

Hal ini tidak boleh Anda lupakan ketika membawa anak ikut traveling. Berbagai perlengkapan anak harus dibawa serta, misalnya popok, bedak, susu, perlengkapan mandi dan sebagainya. Bawa juga beberapa perlengkapan tambahan, seperti tisu basah, baju hangat, atau obat-obatan untuk si kecil. Belum tentu, di lokasi liburan Anda terdapat toko atau warung yang menjual barang-barang tersebut. Buatlah daftar perlengkapan si kecil agar tidak ada yang terlewatkan.

  • Bawa barang secukupnya

Kesalahan yang sering dilakukan oleh orangtua ketika traveling sambil membawa si kecil adalah terlalu banyak barang bawaan. Membawa terlalu banyak barang bawaan akan merepotkan Anda sendiri sehingga liburan yang harusnya berjalan menyenangkan justru malah menyengsarakan.

  • Tidak ada salahnya bawa baju sedikit lebih banyak

Sebaliknya, Anda perlu membawa sedikit lebih banyak pakaian anak. Namanya juga anak kecil, beberapa hal di luar dugaan sangat mungkin terjadi. Mulai dari jatuh ketika berlari-larian di lapangan terbuka atau muntah ketika disuapi makan. Maka, demi menjaganya tetap bersih, sebaiknya bawalah baju sedikit lebih banyak untuknya.

  • Bawa mainan kesukaannya

Si kecil suka sekali dengan salah satu mainannya? Misalkan dirinya sangat menyukai spinner yang baru saja dibeli atau boneka yang sudah dimiliki sejak beberapa waktu sebelumnya. Kalau begitu, agar Anda dan yang lainnya tidak dipusingkan oleh tangisan si kecil selama traveling, bawalah mainan kesukaanya tersebut. Percayalah, hal ini akan sangat membantu dalam membuat suasana traveling bersama si kecil menjadi kondusif. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here