Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berat badan pada wanita seringkali menjadi hal yang sangat sensitif untuk diperbincangkan. Tubuh wanita memiliki kecenderungan lebih mudah mengalami kegemukan atau obesitas dibandingkan dengan tubuh pria. Obesitas tentunya akan membuat penampilan kurang maksimal baik dalam pergerakan atau bahkan mengurangi rasa percaya diri. Obesitas pada wanita juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan wanita.

Bahaya obesitas pada wanita salah satunya adalah meningkatkan risiko masalah mental hingga menimbulkan berbagai penyakit fisik. Penumpukan lemak pada tubuh wanita biasanya terdapat di bagian lengan, daerah pinggang dan paha. Hal ini akan meambah risiko gangguan kesehatan yang serius dan dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Apa saja bahaya yang ditimbulkan dari obesitas yang terjadi pada wanita?

  • Menyebabkan gangguan tidur

Gangguan tidur akan lebih berisiko terjadi pada orang yang mengalami obesitas. Salah satu gangguan tidur ini adalah sleep apnea, yaitu kondisi saat orang berhenti bernapas beberapa kali saat tidur. Hal ini merupakan salah satu gangguan tidur yang serius. Kondisi ini dapat membuat kadar oksigen dalam tubuh menurun secara drastis sehingga dapat memberikan pengaruh pada peredaran darah dan meningkatkan risiko diabetes dan stroke.

  • Mengalami diskriminasi dan tidak percaya diri

Wanita yang memiliki masalah obesitas kemungkinan besar juga akan mengalamu diskriminasi maupun tidak percaya diri. seringkali banyak orang yang mengajukan pertanyaan bermacam-macam terkait berat badannya. Hal ini akan cenderung membuat masalah psikologis dan sosial sehingga menyebabkan turunnya rasa percaya diri.

  • Mengalami gangguan lutut dan pinggang

Memiliki berat badan lebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Selain itu hal ini juga akan menimbulkan dampak pada persendian seperti nyeri sendi lutut dan punggung akibat tubuh yang menopang beban yang berlebih.

  • Menimbulkan penyakit kronis

Masalah ini perlu menjadi hal yang diwaspadai, karena obesitas seringkali dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti darah tinggi, diabetes, stroke, dan penyakit jantung. Kelebihan berat badan juga dapat mempengaruhi kinerja hormon insulin yang menjadi penyebab utama penyakit diabetes. Lemak yang berlebih pada tubuh akan mengganggu jantung karena menimbulkan timbunan kolesterol, kenaikan tekanan darah dan penyumbatan arteri.

  • Menstruasi tidak teratur

Periode menstruasi yang tidak teratur dapat terjadi karena terlalu banyak lemak yang menumpuk di sekitar rahim. Hal ini juga dapat menjadi masalah serius karena dapat menyebabkan masalah infertilitas.

  • Mengalami batu empedu

Batu yang terbentuk di kantung empedu dikarenakan metabolisme lemak yang tidak tepat. Oleh karena itu, wanita yang mengalami obesitas lebih rentan untuk mengalami masalah keseahatan ini.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here