Bahaya pada Kesehatan Jika Sering Kerja Lembur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Disetiap aktivitas pastinya kita selalu dikejar-kejar target pekerjaan, yang membuat kita untuk terus bekerja tanpa melihat waktu istirahat yang diperlukan oleh tubuh dan pikiran kita. Saat anda kejar lembur atau biasa disebut dengan over time yaitu kerja yang berlebihan dengan waktu kerja yang normal. Waktu kerja yang normal berkisar antara 7 sampai 8 jam dalam satu hari, selama 5 hari bekerja. Akan tetapi nila seseorang melakukan pekerjan lembur, pastinya ia akan menghabiskan banyak waktu di tempat kerja selama lebih dari 10 jam bahkan lebih. Memang terkadang dengan anda berlembur tugas yang memang anda kerjakan akan cepat selesai akan tetapi anda tidak memikirkan untuk kesehatan tubuh anda yang memang membutuhkan istirahat. Perlu anda ketahui kerja lembur berisiko untuk kesehatan tubuh anda, terlebih jika dilakukan secara terus-menerus. Berikut ini adalah beberapa gangguan ksehatan yang akan muncul akibat kerja lembur yang berlebihan.

Umumnya memang bekerja dilakukan 8 sampai 9 jam  setiap harinya. Namun untuk mencapainya target tertentu terkadang orang cenderung untuk memilih pekerjaan lembur. Padahal, bukannya tidak mungkin, dengan kerja lembur mereka mengharuskan untuk memaksakan diri secara fisik dan mentalnya. Dan kebanyakan pekerja lembur menggunakan cara untuk tetap bekerja dengan mengkonsumsi kafein. Pada hal cara tersebut bukanlah untuk menghilangkan lelah akan tetapi hanya bersifat untuk memompa semangat  sementara waktu saja.

Beberapa pemicu terhadap kesehatan akibat bekerja lembur seperti :

  1. Akan munculnya depresi pada diri anda. Menurut sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal plos One, ketika seseorang tersebut bekerja selama 11 jam atau lebih perharinya mereka cenderung akan memiliki tingkat depresi yang cukup tinggi dibandingkan dengan mereka yang bekerja secara normal.
  2. Akan mempercepat berbagai gangguan kesehatan. Bagi anda yang bekerja diperkantoran, dan duduk sambil bekerja akan berdamak buruk dari terlalu lama duduk akan dapat menimbulkan diabetes, obesitas, bahkan kanker dan serangan jantung.
  3. Dan berikutnya yaitu akan berdampak buruk pada kualitas tidur anda, jika seseorang sering bekerja lembur, maka akan secara otomatis jam tidurnya pun akan terganggu, memori yang akan terus menurun, dan meningkatnya berat badan, dan sering tidak terkontrol emosinya.
  4. Akan memperburuk organ jantung. Overtime dapat berkontribusi besar terhadap berbagai gangguan kardiovaskuler seperti penyakit jantung, dan serangan tekanan darah tinggi.
  5. Dapat menimbulkan gangguan pada pengelihatan anda. Pada pekerjaan diera digital mengharuskan seseorang untuk tetap menatap layar komputernya atau leptop dalam jangka waktu yang yang relatif lama. Dan tentunya hal ini akan berefek serius pada organ mata dan ketegangan pada mata, gejala sakit kepala, dan mata akan sering terasa kabur

Yang terakhir yaitu gangguan pada fungsi otak. Kerja lembur yang dilakukan secara terus menerus akan berisiko pada penurunan mental seta dimensi (penurunana kemampuan intelektual) yang anda miliki.  (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here