Tips Memilih Buah Mangga yang Matang dan Manis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Buah mangga adalah salah satu buah yang berasal dari Bahasa Malayalam yaitu Mangga, nama ilmiahnya yaitu mengandung arti “pohon” yang berbuah mangga, yang berasal dari India. Buah ini berasal sekitar perbatasan India dengan burma, buah mangga ini memang telah menyebar ke Asia Tenggara sekitar pada tahun 1500 tahun yang lalu. Dan buah ini memang dikenal dalam berbagai bahasa daerah seperti pelem atau poh.

Buah mangga ini paling enak dikonsumsi setelah sudah matang dan rasanyapun sangat manis, buah ini yang belum matang biasanya berasa masam, tidak ada rasanya bahkan pahit jika memang anda salah memilih buah mangga yang masih muda.

Manfaat buah mangga bagi kesehatan itu banyak sekali salah satunya seperti :

  1. Mengandung vitamin C yang tinggi, vitamin B, A dan jenis Betakaroten yang baik untuk kesehatan mata anda. Sedangkan vitamin C untuk kesehatan kulit dan daya tahan tubuh anda.
  2. Selain itu mengandung gula dan serat.
  3. Yang terakhir jika memang anda penderita Diabetes sebaiknya untuk membatasi mekan buah mangga ini.

Berikut yaitu cara anda untuk memilih buah mangga yang manis seperti:

  1. Anda perlu memperhatikan warna buah mangga

Lihat jenis warnanya seperti hijau, orange dan kuning untuk menentukan bahwa buah mangga tersebut matang dan manis.

  1. Tekan atau bisa pijat buah mangga tersebut

Pilihlah buah mangga yang memang memiliki tekstur yang lembut ketika anda tekan. Dan janganlah memilih buah mangga yang keras karena sudah pasti masih sangat muda dan belum matang.

  1. Jangan memilih buah yang memang memiliki memar

Sistem pengepakan dan pengiriman buah mangga terkadang dilakukan secara tidak teliti, banyak buah mangga yang memar gara-gara sering dilempar pada saat proses pengepakan dan pengirimannya. Buah mangga saat dipetik belum terlalu empuk tetapi sudah keras dan sudah tua saatnya memang buah itu telah dipanen.

  1. Anda dapat mencium buah mangga tersebut

Dengan cara menghirup atau mencium disekitar buah mangga anda juga dapat menentukan bahwa buah mangga tersebut sudah matang atau belum.

  1. Dan jangan memilih buah mangga yang kulitnya telah mengkerut

Buah mangga yang memiliki kulit yang mengkerut biasanya pada saat ia dipetik masih sangat muda. Buah mangga yang belum layak petik kemudian disimpan (pengkarbitan) biasanya akan memiliki kulit yang mengkerut.

  1. Ciri buah mangga yang memang matang di pohonnya

Ciri yang terakhir anda perlu tahu jika buah mangga metang dipohonnya biasanya terdapat lapisan lilin buah pada kulitnya. Bentuk buah tersebut seperti sudah padat penuh teruta anda lihat pada bagian ujungnya. Buah akan tenggelam jika memang anda masukan dalam air, tangkainya pun kering, akan tercium aroma yang harum dan manisnya buah tersebut. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here