Bahaya Terlalu Sering Mendengarkan Musik Bervolume Keras

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Telinga adalah salah satu organ tubuh dan panca indera penting yang kita miliki. Meski begitu, tak jarang orang mengabaikan kesehatannya, misalnya dengan mendengarkan musik yang terlalu keras. Padahal, ini bisa membahayakan kesehatan.

Beberapa efek negatif dari mendengarkan musik terlalu keras terlalu lama adalah:

  • Merusak syaraf

Semakin kencang suara yang diterima, semakin hebat juga getaran pada gendang telinga. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, mendengarkan di atas 110 desibel dengan earphone bisa merusak syaraf yang membawa sinyal dari telinga ke otak. Hal ini juga berakibat pada gangguan otak yang menyebabkan berbagai masalah, seperti pusing dan sakit kepala.

  • Mengganggu konsentrasi

Penelitian dari University of Alabama di Birmingham menyatakan, mendengarkan musik sambil menyeberang jalan lebih berbahaya daripada sambil mengobrol di telepon atau mengirim pesan SMS. Hal ini terjadi karena pendengaran menjadi menurun sehingga Anda tidak mendengar sinyal bahaya, seperti klakson mobil, suara orang dan lain-lain.

  • Merusak pendengaran

Di bagian dalam telinga terdapat sel-sel rambut yang berfungsi untuk menyaring suara keras. Kalau sel ini terpapar suara keras secara terus menerus, sel-sel rambut akan menjadi usang dan membuat Anda mengalami tinnitus, yaitu masalah pendengaran di mana telinga seolah mendengar suara berdering.

  • Gangguan pendengaran sementara

Gangguan pendengaran sementara dapat terjadi setelah Anda telah mendengarkan musik yang terlalu keras atau suara yang terlampau bising dalam jangka waktu lama. Kehilangan pendengaran sementara hanya akan membuat Anda tidak akan dapat mendengar suara selama beberapa waktu. Akibat dari musik yang terlalu keras ini juga dapat menimbulkan tinnitus atau munculnya suara dering dalam telinga, meski hanya sementara.

  • Gangguan pendengaran permanen

Kebiasaan mendengarkan musik terlalu keras bisa mengubah dunia Anda yang awalnya ramai menjadi sepi dan tak bersuara ketika musik itu merusak telinga dan mengambil kemampuan pendengaran Anda. Seseorang yang mendengarkan suara berisik dan musik keras secara terus-menerus (setiap hari) bisa mengalami gangguan pendengaran permanen. Kehilangan pendengaran permanen berarti kemampuan mendengar orang itu tidak akan kembali.

Itulah yang terjadi ketika telinga menerima paparan musik yang terlalu keras. Rentetan hal di atas bisa jadi tak menimbulkan efek jika terjadi satu atau dua kali. Namun, jika itu terus berlangsung setiap hari selama berbulan-bulan, bahkan tahunan karena kebiasaan Anda mendengarkan musik yang terlalu kencang, kemungkinan Anda akan kehilangan kemampuan pendengaran. Ini bukan berarti Anda tak boleh mendengarkan musik lagi, lho. Anda hanya perlu bersikap lebih bijak saat mendengarkan musik. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here