Banyak Potensi Anak Keracunan di Rumah, Cegah Sebelum Terlambat

0
5
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak barang di rumah yang terkadang tidak kita sadari berpotensi menyebabkan keracunan pada balita dan anak-anak, seperti minuman beralkohol, kosmetik, deterjen, pelembut pakaian, pembersih toilet, cat dan obat nyamuk. Risiko keracunan meningkat ketika anak mulai menunjukkan rasa ingin tahu yang lebih di mana ia mulai mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Ketika anak sudah bisa berjalan dan mengambil benda, anak cenderung memasukkan benda apa pun ke mulutnya. Jika orangtua lengah, anak bisa saja menelan sesuatu yang berbahaya dan mengalami keracunan.

Obat-obatan juga bisa menyebabkan keracunan. Bahkan, di sejumlah negara, lebih dari setengah kasus keracunan pada anak disebabkan oleh pendosisan obat yang tidak tepat. Dosis tidak tepat akibat penggunaan obat-obatan tanpa resep dokter dapat menyebabkan keracunan walaupun itu termasuk vitamin dan obat herbal.

Tentu, dampak dari keracunan pada anak bisa fatal. Keracunan bisa menyebabkan efek jangka pendek, seperti ruam kulit, mulut kering, pusing, dan diare. Dalam kasus yang serius, keracunan bahkan bisa menyebabkan gangguan pernapasan, kerusakan otak, koma, dan kematian. Karenanya, penting untuk melakukan upaya pencegahan sebelum hal-hal mengerikan itu terjadi.

Berikut adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terdinya keracunan pada anak di rumah:

  • Jauhkan semua barang yang berpotensi menyebabkan keracunan dari jangkauan anak-anak. Ini seperti obat-obatan, produk pembersih, minuman beralkohol, kosmetik, cat, obat nyamuk, dan pestisida lainnya. Simpanlah barang-barang tersebut di lemari khusus terpisah dari penyimpanan makanan yang ukurannya tinggi dan dapat dikunci.
  • Obat nyamuk semprot dan barang sejenis sebaiknya dipakai pada ruangan dengan ventilasi udara yang cukup. Jangan menyemprotkannya dekat makanan atau tempat penyimpanan makanan dan segera tinggalkan ruangan sementara setelah melakukan penyemprotan.
  • Jangan mencampur satu produk kimia dengan produk kimia lain karena bisa menimbulkan zat beracun yang bila terhirup dapat membahayakan pernapasan.
  • Selalu baca label instruksi sebelum memberikan obat apa pun pada anak dan jangan pernah mengatakan pada anak kalau obat itu rasanya seperti permen.
  • Jangan meninggalkan “bahan beracun” tanpa pengawasan. Cukup banyak kasus keracunan terjadi ketika orang dewasa meninggalkan bahan-bahan rumah tangga beracun saat sedang digunakan karena harus menerima telepon atau membukakan pintu.
  • Buang obat resep, vitamin, dan suplemen yang sudah tidak terpakai dan Buka kemasannya lalu campurkan obat kadaluwarsa tersebut dengan zat yang dapat menyerap obat, seperti tanah, kotoran kucing, dan ampas kopi sebelum dibuang. (RFZ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY